BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN: TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rosmini Rosmini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ramli Ramli Institute Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan teori pembentukan perilaku belajar behavioristik dalam dunia pendidikan dan tinjauannya dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research­) dengan menggunakan sumber data utama yakni jurnal dan buku referensi sesuai dengan fokus kajian penelitian. Data dianalisis menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan adanya relevansi antara teori belajar behaviorisme dengan konsep pendidikan Islam. Dalam konsep pendidikan Islam juga dilakukan conditioning, repetition, dan reinforcement. Namun perbedaannya adalah dalam konsep behaviorisme Islam tetap berdasarkan prinsip ketauhidan yakni kehendak dan persetujuan Allah. Seberapa kuatpun manusia berusaha membuat pengkondisian namun tergantung dari kehendak Allah SWT.

 

Abstract

This essay aims to describe the theory of behavioristic learning formation in education and its review from Islamic education’s view. This research was library research using journals and reference books that focus on the research study. Data were analyzed using content analysis. The results of the study showed a relevance between behaviorism learning theory and the concept of Islamic education. Conditioning, repetition and reinforcement are all used in Islamic education. The Islamic behaviorism concept, on the other hand, is founded on monotheism, namely Allah’s will and approval. No matter how firm humans make the conditioning, it depends on Allah SWT’s will.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, M. A. (1975). Tarbiyyah al-Islamiyah wa falsafatuha. Mesir: As- Syirkham.

Andriani, F. (2015). Teori belajar behavioristik dan pandangan islam tentang behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 6(2), 165–180. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/1034

Budaiwi, A. A. (2002). Imbalan dan hukuman pengaruhnya bagi pendidikan anak. Jakarta: Gema Insani Press.

Erfan, Y. (2018). Teori-teori belajar matematika. In Diktat. Jember: Universitas Jember.

Fadhilah, N. (2016). Model bimbingan belajar behavioristik dan pandangannya dalam perspektif Islam. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 2(2), 235–260. https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v2i2.961

Fahmi, A. H. (1979). Sejarah filsafat pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Hamalik, O. (2010). Kurikiulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hergenhahn., B. R., & Olson, M. H. (2008). Theories of learning. In Penerjemah: Tri Wibowo B. S. Jakarta: Kencana.

Herpratiwi. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Isti’adah, N. F. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Bandung: Edu Publisher.

Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Molli, W., & Nini, A. (2020). Teori belajar dan implikasinya dalam pembelajaran. Bandung: Edu Publisher.

Muktar, M. (2019). Pendidikan behavioristik dan aktualisasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.29138/tabyin.v1i1.4

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 64–74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan agama Islam. Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Prayitno. (2009). Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Rufaedah, E. A. (2018). Teori belajar behavioristik menurut perspektif Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 13–30. https://doi.org/doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.60

Rusuli, I. (2014). Refleksi teori belajar behavioristik dalam perspektif Islam. Jurnal Perencanaan, 8(1), 38–54. https://doi.org/10.13170/jp.8.1.2042

Sagala, S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan. In Penerjemah: Tri Wibowo B. S. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (2008). Psikologi pendidikan. teori dan praktik. In Penerjemah: Drs. Marianto Samosir, S.H. Jakarta: PT Indeks.

Smith, M. K., & Dkk. (2009). Teori pembelajaran dan pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Uno, H. B. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology; active learning edition. In Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Zulhammi. (2015). Teori belajar behavioristik dan humanistik dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 3(1), 105–127. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/364/1/356-1046-1-PB.pdf.

Published
2021-05-31
How to Cite
Damayanti, E., Siraj, A., Rosmini, R., & Ramli, R. (2021). BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN: TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 121-133. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21076
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 997 times