EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Quantum Learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pre-experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Maros tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 267 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa dari kelas VII-1 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pretest dan posttest, lembar observasi, dan angket respons siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil belajar matematika siswa mencapai KKM, (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Quantum Learning dengan pendekatan RME terbanyak berada pada kategori baik yaitu 48,3%, (3) aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata persentase yaitu 83,996%, (4) keterlaksanaan pembelajaran siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase yaitu 87,17%, (5) respons siswa berada pada kategori positif dengan rata-rata sebesar 89,65%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model quantum learning dengan pendekatan RME efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Abstract
This study aims to describe the effectiveness of the Quantum Learning model with Realistic Mathematics Education (RME) approach towards the students learning outcomes. This type of research is experimental research with pre-experimental design. The population in the study were all students of class VII SMPN 1 Maros in the 2018/2019 academic year with 267 students, while the sample in this study was 29 students from class VII-1 who were selected by cluster random sampling technique. The research instrument used was the pretest and posttest learning outcomes test, observation sheets, and students response questionnaire. The collected data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis techniques. From the results of the analysis obtained: (1) students mathematics learning outcomes reach the KKM, (2) the increase in students learning outcomes after the application of the Quantum Learning model with the RME approach is mostly in the good category, namely 48.3%, (3) students activity is in good category with an average percentage of 83.996%, (4) the students learning implementation is in very good category with an average percentage of 87.17%, (5) students responses are in the positive category with an average of 89.65% . Based on the research results, it can be concluded that quantum learning model with RME approach is effective for improving students' mathematics learning outcomes.
Downloads
References
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 608–617. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20202.
Arifuddin, A. (2016). Pembelajaran matematika model quantum teaching dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Al Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2):186. Doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.900.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, M. . (2013). Statistik penelitian pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Hayati, R., & Husnidar. (2018). Penerapan metode quantum learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 6(2), 17–20. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3480.
Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Inganah, S., Cholily, Y. M., Taufik, M., & Ummah, S. K. (2018). Peningkatan koneksi matematis melalui pembelajaran berbasis masalah di MAN I Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 151–159. Doi: 10.22219/jinop.v4i2.5003.
Jakni. (2016). Metodologi penelitian eksperimen bidang pendidikan. bandung: Alfabeta.
Jeranah. (2017). Efektivitas penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Makassar: Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar.
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 4(3), 491–498. Doi: 10.23887/jipp.v4i3.28568.
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 53(9), 121–130. Doi: 10.30870/e-plus.v4i2.7307.
Prasetyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 3(2), 111–117. Doi: 10.35974/jpd.v3i2.2367.
Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 15–21. Doi: 10.21067/pmej.v1i1.1999.
Rismaratri & Nuryadi (2017). Pengaruh model pembelajaran quantum dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap kemampuan berfikir kreatif dan motivasi belajar matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2):70-76. Doi: 10.25273/jems.v5i2.2012.
Sartika, N. S., & S, S. R. Y. (2019). Penerapan model pembelajaran probing- prompting untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. GAUSS : Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 149–159. Doi: 10.30656/gauss.v1i2.103.
Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sigi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 53–60. Doi: 10.31970/gurutua.v3i1.39.
Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas penggunaan metode pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282. Doi: 10.24042/ajpm.v7i2.42.
Sudjana, N., & Ibrahim. (2010). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung.
Supardi. (2015). Sekolah efektif konsep dasar dan praktiknya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh model quantum learning berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Elemen, 5(1), 31. Doi: 10.29408/jel.v5i1.932.
Tiro, M. . (2015). Dasar-dasar statistik. Makassar: Andira Publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).