EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Edward Alfian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo
    (ID)
  • Nurdin Kaso Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo
    (ID)
  • Sumardin Raupu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo
    (ID)
  • Dwi Risky Arifanti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Datuk Sulaiman Palopo Tahun Ajaran 2019/2020 melalui efektifitas model pembelajaran brainstorming. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Datuk Sulaiman Palopo Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 60,74; (2) rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebelum perlakuan yaitu 64,73; (3) berdasarkan hasil uji hipotesis sebelum perlakuan diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”β‰€π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau (-2,09 ≀ 1,96); (4) rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen setelah perlakuan yaitu 81,73; (5) rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol setelah perlakuan yaitu 58, (6) berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”>π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ atau (7,39>1,96) artinya rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model brainstorming pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel, lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan model brainstorming pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa model Brainstorming efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Datok Sulaiman Palopo.

Β 

Abstract

This study aims to determine the mathematics learning outcomes of eight-grade students of Datuk Sulaiman Palopo Middle School Academic Year 2019/2020 through the effectiveness of the brainstorming learning model. This research is an experimental research. The population in this study were all eighth-grade students of Datuk Sulaiman Palopo Middle School Academic Year 2019/2020. Sampling uses cluster random sampling technique so that class VIIID as an experimental class and class VIIIE as a control class. The research instrument used observation sheets and tests in the form of pre-test and post-test. The results of this study indicate that: (1) the average learning outcomes of the experimental class before treatment is 60.74, (2) the average learning outcomes of the control class before treatment is 64.73; (3) based on the results of the hypothesis test before the treatment is obtained t count = table or (-2.09 ≀ 1.96); (4) the average mathematics learning outcomes of the experimental class after treatment is 81.73; (5) the average mathematics learning outcomes of the control class after treatment is 58, (6) based on the results of the hypothesis test obtained tcount> ttable or (7.39> 1.96) meaning the average math learning outcomes of students taught withΒ brainstorming models on the subject of the linear equation system with two variable, better than the average mathematics learning outcomes of students who are not taught by brainstorming models on the subject of the linear equation system with two variable. Thus, it can be stated that the brainstorming model is effective in improving students’ mathematics learning outcomes of class VIII Datok Sulaiman Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anaguna N, Suhendra S. (2019). Student's learning achievement using Knisley learning model with brainstorming methode. IOP SCIENCE, 1157(2). Retrieved https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/2/022129/meta

Aziz, M. A., dkk. (2015). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Self-Efficacy Pesertas Didik Kelas X SMK Teuku Umar Semarang Dengan Model Pembelajaran Osborn. UJME, 4(3). Retrieved https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9050

Azwar, Saifuddin. (2013). Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: IAIN Palopo.

Faturrahman, Pupuh, and M. Sobry Sutikno. (2018). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam, 1 Ed. Bandung: Refika Aditama, n.d.

Hidayat, S. (2004). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Hughes, M. (2016). The Brainstorming Handbook. USA: Emereo Publishing.

Ishaq JJMAP, Bhat H. (2019). Effect of brainstorming as a creative thinking method on the academic achievement of class ninth student. Journal Current Science, 20(6). Retrievedhttp://www.ijournal.scienceacad.com/index.php/Int/article/view/1225

Karim, A., & Fitriani. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII di SMPN 4 Rumbio Jaya. PEKA, 5(1). Retrieved https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1180

Maulidia, Anisya. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp, Skripsi,. Bandung: Universitas Pasundan.

M. Subana, and et.al. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mukrimah, Syifa Siti. (2014). 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran: Plus Aplikasinya. Bandung: Lembaga Penerbit Universitas Pendidikan Indonesia.

Munir, N. P. (2016). Pengaruh Kesadaran Metakognitif Terhadap Motivasi Belajar dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Kota Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2). Retrieved from https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/256

Muslim, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Palopo. Skripsi. IAIN Palopo.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: PPs UNESA.

Purwanto. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Menagjar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Syamsu, S. (2015). Strategi Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru (Catakan I). Makassar: Aksara Timur.

Tahir, M. Z. (2017). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MI Muhammadiyah Pannampu Makassar. Skripsi. UIN Alauddin Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4906/

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2020-05-31
How to Cite
Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13596
Section
Vol. 2 No. 1
Abstract viewed = 2446 times