ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA TAHUN AJARAN 2015/2016 SMP NEGERI 36 MAKASSAR

  • Andi Surahma Halik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir sekolah mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar dilihat dari segi tingkat kesukaran, daya beda, dan keefektifan pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan sampel sebanyak 258 lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi Anates versi 4.09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Berdasarkan kriteria tingkat kesukaran diperoleh soal sangat mudah 2 butir (5%), sedang 24 butir (60%), sukar 12 butir (30%), dan sangat sukar 2 butir (5%). (2) Berdasarkan kriteria daya beda diperoleh soal sangat jelek 3 butir (7,5%), jelek 12 butir (30%), cukup 14 butir (35%), dan baik 11 butir (27,5%). (3) Berdasarkan keefektifan pengecoh diperoleh 28 butir (70%) kategori sangat baik, 9 butir (22,5%) kategori baik, dan 3 butir (7,5%) kategori buruk. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa  15 butir (37,5%) soal berkualitas baik, 16 butir (40%) soal berkualitas kurang baik, dan 9 butir (22,5%) soal berkulitas jelek. Butir soal yang berkualitas baik dapat dimasukkan ke bank soal, butir soal kurang baik dapat direvisi, dan butir soal yang jelek diganti dengan membuat soal baru.

 

Abstract

This study aims to determine the quality of mathematics final exam items in the 2015/2016 academic year 36 Makassar Junior High School in terms of the level of difficulty, different power, and effectiveness of deceivers. This research is an evaluation study with a quantitative descriptive approach. The study was conducted with a sample of 258 student answer sheets. The data collection technique used is the documentation technique. The data obtained were analyzed with the help of the Anates application version 4.09. The results showed that: (1) Based on the difficulty level criteria, 2 items (5%), 24 items (60%) were very easy, 12 items (30%), and 2 items (5%) were very difficult. (2) Based on the different power criterion, it is obtained a very poor problem of 3 items (7.5%), 12 items bad (30%), enough 14 items (35%), and good 11 items (27.5%). (3) Based on the effectiveness of the deception, there were 28 items (70%) in the very good category, 9 items (22.5%) in the good category, and 3 items (7.5%) in the bad category. Based on the results of the analysis it can be concluded that 15 items (37.5%) of good quality questions, 16 items (40%) of poor quality questions, and 9 items (22.5%) of poor quality questions. Good quality items can be entered into the question bank, bad items can be revised, and bad items replaced with new questions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Hamzah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika (I). Jakarta: rajawali pers.

Aliati, & Ibrahim, M. (2013). Kualitas Tes Ujian Nasional Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Buton Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematikaa, 1.

Karunia Eka Lestari, & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (I). Bandung: PT Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan analisis butir soal.

M. Zuhdi Rachman. (2012). Kajian Butir Soal Ujian Sekolah Matematika SMA Negeri 1 Gongdanglegi Tahun 2012. Artikel.

Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2710.

Sitti Mania. (2012). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Suharsimi Arikunto. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuddin. (2012). Pengukuran Daya Pembeda, Taraf Kesukaran, dan Pola Jawaban Tes (Analisis Butir Soal). At-Tajdid, 1(2).

Tutut kurniawan. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education.

Published
2019-05-29
How to Cite
Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA TAHUN AJARAN 2015/2016 SMP NEGERI 36 MAKASSAR. Al Asma : Journal of Islamic Education, 1(1), 11-17. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 1955 times