META-ANALISIS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Muh. Farid Wajdih Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Kusumayanti Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Khalisah Latuconsina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali tentang pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kemudian hasil analisis masing-masing digabungkan dan didapatkan kesimpulan secara keseluruhan. Jenis penelitian ini adalah meta analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal-jurnal elektronik melalui google cendekia. Dari hasil penelusuran diperoleh 12 artikel dari jurnal dengan beberapa kriteria dari peneliti seperti semua sampel merupakan penelitian tindakan kelas, sampel berdasarkan kata kunci, objek penelitian merupakan Sekolah Dasar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode pembanding untuk menentukan dampak penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Selanjutnya digunakan uji paired sample t test untuk melihat rata-rata peningkatan sebelum dan sesudah tindakan kelas, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata dua kelompok yang saling berpasangan atau berhubungan. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menemukan bahwa RME memberikan efek yang positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Terlihat bahwa keunggulan dari RME adalah memberikan pengertian yang jelas dan operasional kepada siswa tentang keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari dan tentang kegunaan matematika pada umumnya kepada manusia sehingga siswa akan lebih termotivasi dan akan lebih mengerti apabila pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari meskipun hasil belajar dari masing-masing sampel yang berbeda-beda.

Abstract

This study aims to reanalyse realistic mathematics education (RME) learning to students' mathematics learning outcomes and then the results of each analysis are combined and come to an overall conclusion. This type of research is meta-analysis. Data collection techniques using non-tests by searching electronic journals through google scholar. From the search results obtained 12 articles from the journal with some criteria from researchers such as all samples are class action research, samples based on keywords, the object of the study is elementary school. Data analysis techniques in this study use comparative methods to determine the impact of the implementation of Realistic Mathematic Education (RME) learning models. Furthermore, paired sample t test is used to see the average increase before and after class action, and to find out if there is an average difference between two groups that are paired or related. Overall, the results of this study found that RME has a positive effect in improving students' mathematics learning outcomes. It seems that the advantage of RME is to give students a clear and operational understanding of the relationship between mathematics and daily life and about the usefulness of mathematics in general to humans so that students will be more motivated and will be more understood if learning is associated with daily life even though the results of learning from each sample are different.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muh. Farid Wajdih, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Andi Kusumayanti, Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=ydK3DMcAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6202073&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest in Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2016 - sekarang
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
Nur Khalisah Latuconsina, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Nursalam Nursalam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39.

Anggraini, F. (2019). Penenerapan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.2.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32.

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442.

Obiarta, I., N., Sudiana, I., W., Rasana, I., D., P., T. (2014). Penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2598

I Md. Edy Narayana1, I Wyn.Wiarta2, I. W. S. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika pada bilangan bulat siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Ra. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), . DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.954

Maizar Arniansyah, Adelina Hasyim, B. K. (2018). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Mashudi. (2016). Penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang. Jpsd, 2(1), 50–63.

Microbial, I., Risk, Q., Network, A., & Series, T. (1980). Irish microbial quantitative risk assessment network what is meta-analysis? 2.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97.

Nurcahyo, S. (2015). Efektivitas pembelajaran model savi berbantuan multimedia model komputer jaringan effectiveness of learning savi models assisted interactive multimedia compared with enhance competency models of conventional network computer. 2, 75–84.

Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388–397.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta (Issue August 2019).

Shandy, M. (2017). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9062.

Suprijono. (2014). Teori dan aplikasi.

Tarigan, D. (2003). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas V SD. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004.

Tarigan, D. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika di kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat. 8(1), 430–439.

Trianto. (2013). Koleksi buku 2013 Trianto " Model pembelajaran terpadu : konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-11-30
How to Cite
Wajdih, M. F., Kusumayanti, A., Latuconsina, N. K., & Nursalam, N. (2020). META-ANALISIS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 285-295. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17340
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 635 times