PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar matematika berbasis multiple intelligences pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 3 Wajo dan mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefetifannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan mengacu pada model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development dan Dissseminate. Produk yang dikembangkan berupa buku ajar berbasis multiple intelligences pada materi trigonometri yang diantaranya terdiri dari beberapa aspek multiple intelligences yaitu logis-matematis, visual-spasial, linguistik-verbal, interpersonal dan intrapersonal. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Buku ajar berbasis multiple intelligences dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), (2) Bahan ajar valid berdasarkan rata-rata penilaian hasil validasi buku ajar beserta instrumen lainnya adalah 4,17 dengan kategori sangat valid, (3) Praktis karena persentase rerata untuk respons siswa adalah 81,25% pada kategori positif dan persentase rerata respons guru adalah 92,50% pada kategori sangat positif, (4) Efektif karena rerata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ialah 4,28 berada pada kategori baik, persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 64,53% berada pada kategori baik, dan persentase ketuntasan belajar siswa berada pada kategori tinggi yaitu 80,65%. Sehingga pengembangan bahan ajar berbasis multiple intelligences pada materi trigonometri di kelas X SMAN 3 Wajo sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Abstract
The study aims to develop teaching material in the form of mathematics textbook based on multiple intelligences in trigonometry material to improve critical thinking ability of class X students of SMAN 3 Wajo and to determine the level of validity, practicality, and effectiveness. The type of research used is Research and Development with reference to the 4D model which consists of Define, Design, Development, and Disseminate. The product developed is a textbook based on multiple intelligences on trigonometric material which includes several aspects of multiple intelligences, namely logical mathematical, visual-spatial, linguistic-verbal, interpersonal and intrapersonal. Based on the result of limited trials conducted, it was found that (1) Multiple intelligences based textbook were developed using the 4D development model (define, design, development, and disseminate), (2) Valid based on the average assessment of the validation results of the textbooks and other instruments is 4.17 in the very valid category, (3) Practical because the average percentage of student responses is 81.25% in the positive category and the average percentage of teacher response is 92.50% in the very positive category, (4) Effective because the teacher’s average ability in managing learning is 4.28 in the good category, the average percentage of student activity is 64.43% in the good category, and percentage of student learning completeness is in the high category, namely 80.65%. So, the development of teaching material based on multiple intelligences on trigonometric material in class X SMAN 3 Wajo has met the criteria of validity, practicality, and effectiveness.
Downloads
References
Arifin, H. (2017). Konsep multiple intelligence system pada Sekolah Menengah Pertama Al-Washlyah 8 Medan dalam perspektif Islam. Edutech Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.986
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan media gambar berbasis potensi lokal pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA 1 Pitu Raise Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a2.2017
Fransiska, Y., Ms, S., & Muslim, M. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kecerdaasan majemuk untuk pembelajaran fisika kelas X pada materi elastisitas. Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1–7.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: MLC.
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media screencast-o-matic mata kuliah kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/193
Majid, A. (2013). Perencanaan pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Rosda.
Mustamin, S. H. (2013). Psikologi pembelajaran matematika. Alauddin Press.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurfiani. (2018). Pengembangan buku ajar berbasis model pembelajaran kuantum (quantum) materi eksponen kelas X MA DDI Pattojo [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/11673
Nurhidayati, S., Tayeb, T., & Abbas, B. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan penalaran pada pokok bahasan perbandingan kelas VII MTsN Model Makassar. MaPan Jurnal Matematika dan Pembelajaran. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a6
Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rindarti, E. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan RPP kurikulum 2013 revisi 2017 melalui pendampingan berkelanjutan di MA Binaan kota Jakarta Pusat tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.221
Riswandi, B. A., & Hanum, F. F. (2013). Peningkatan kualitas siswa terampil IPTEK dengan edukasi komputer bagi siswa SD di dusun Wonolelo. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan.
Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Prisma. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616
Sadulloh, U. (2015). Pengantar filsafat pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, H. S. (2013). Administrasi pendidikan kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sinurat, M., Syahputra, E., & Rajagukguk, W. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan program flash untuk meningkatkan kemampuan matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tabularasa, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3247
Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika: untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif (Cet. 1). Surabaya: Kencana Prenata Media Group.
Yaumi, M. (2011). Pembelajaran berbasis multiple intelligence. Makassar: Alfabeta.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).