IMPLEMENTASI METODE AL-HUSNA SEBAGAI ALTERNATIF PENGENALAN HURUF HIJAIYAH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi penggunaan metode Al-Husna dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode Al Husna digunakan agar pembelajaran dalam membaca Al-Qur’an menjadi lebih mudah, praktis, sistematis serta berpedoman pada pengajaran Rasulullah SAW kepada para sahabatnya yaitu dengan memakai penulisan rasm utsmani dan teruji keasliannya. Implementasi penerapan metode Al Husna di KB/TK MTA Jebres terdiri dari beberapa tahapan yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan penilaian. Tahap persiapan yang dilakukan seperti penyiapan ruang kelas, media dukung dan RPPH. Tahap selanjutnya yaitu pengaplikasian metode Al Husna dalam mengenalkan huruf hijaiyah dilakukan dengan cara sistem urutan, scanning dan kata kunci, dan yang terakhir cara menulisnya. Tahap terakhir adalah penilaian yang dilakukan dengan menulis hasil belajar anak di kartu prestasi dan pemberian reward berupa bintang di tangan menggunakan spidol agar lebih semangat. Kesimpulannya penggunaan metode Al-Husna dapat membantu anak lebih cepat dalam memahami huruf hijaiyah sejak dini.
Abstract
The purpose of this research is to know the implementation of the use of Al-Husna method in introducing the letter Hijaiyah. This research uses descriptive qualitative research. Data sources are obtained through observation, interviews and documentation. The collected data is analyzed using Miles and Huberman model analysis techniques consisting of data collection, data reduction, presentation and inference. The results showed that Al Husna method is used so that learning in reading the Qur'an becomes easier, practical, systematic and based on the teaching of the Prophet muhammad to his friends by using ottoman rasm writing and tested its authenticity. Implementation of Al Husna method in KB/TK MTA Jebres consists of several stages which include preparation, implementation and assessment. The preparation stages are carried out such as classroom preparation, support media and RPPH. The next step is the application of Al Husna method in introducing hijaiyah letters by means of sequence system, scanning and keywords, and the last way to write it. The last stage is the assessment done by writing the children's learning results on the achievement card and rewarding the stars in hand using markers to be more energetic. In conclusion, the use of Al-Husna method can help children to understand Hijaiyah letters faster from an early age.
Downloads
References
Athaillah. (2010). Sejarah Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, M. (2010). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.
Latifah Permatasari Fajrin, S. J. (2019). Implementasi pendidikan sex pada anak usia dini. PAUD Lectura, 79–82.
Moleong, L. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rasyid. (2010). Minat indikator-indikator minat. Jakarta: Bumi Aksara.
Rolina, N. (2012). Alat permainan edukatif untuk AUD. Yogyakarta: Ombak.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Subar Junanto, L. P. (2018). Evaluasi program Standar Kompetensi Lulusan Al Quran (SKL Al Quran) di Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta Tahun 2017. At Tarbawi, 1–11.
Subar Junanto, N. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI: Journal of Disability Studies, 179–194.
Subar Junanto, T. U. (2019). Evaluation model of expertise practice programs for early childhood educator teachers. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 128–142.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprapti, I. M. (2013). Model-model pembelajaran komunikatif dan inovatif. Surakarta: Fataba Press.
Suriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 291–299.
Suwartono. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wiyani, N. A. (2014). Kapita selekta PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).