PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DAN TEOREMA PYTHAGORAS

  • Martina Martina Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misykat Malik Ibrahim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Kusumayanti Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berstandar HOTS dalam bentuk uraian sesuai kriteria validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, serta reliabilitas. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Prosedur yang digunakan ialah desain formatif dari tessmer yang terdiri dari preliminary, self evaluation, prototyping, and field test. Subyek yang dipilih ialah siswa dari kelas VIII SMP Citra Samata. Data-data dikumpulkan melalui tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan validasi. Instrumen yang digunakan masuk ke kategori valid yaitu Va 4,13. Reliabilitas yang didapatkan yaitu 0,69 dengan ketegori tinggi. Berdasarkan kriteria kualitas instrumen tes diketahui bahwa terdapat 10 soal mempunyai daya pembeda yang memenuhi kriteria sedangkan 5 soal tidak memenuhi daya pembeda.

 

Abstract

This study aims to develop a HOTS standardized test instrument in the form of a description according to the criteria for validity, differentiation, difficulty level, and reliability. This research is included in the type of research and development. The procedure used is a Tessmer formative design consisting of preliminary, self-evaluation, prototyping, and field tests. The subjects chosen were students from class VIII SMP Citra Samata. The data were collected through tests, while the instruments used were test and validation sheets. The instrument used was included in the valid category, namely Va 4.13. The reliability obtained is 0.69 with high category. Based on the quality criteria of the test instrument, it is known that there are 10 questions that have discriminatory power that meet the criteria while 5 questions do not meet the discriminatory power.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Martina Martina, Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=ydK3DMcAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6202073&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest in Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2016 - sekarang
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang
Andi Kusumayanti, Scopus ID: 57205058556, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=ydK3DMcAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6202073&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.

EDUCATION BACKGROUND

  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2016 - sekarang
  • Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017-sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekaran

References

Afirda, Y. R., Sa’o, S., & Dhiki, Y. Y. (2020). Penerapan taksonomi Bloom dalam kemampuan berpikir menyelesaikan soal geometri pada siswa kelas VIII. JUPIKA:Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 121–130.

Effendi, R. (2017). Konsep revisi taksonomi Bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 98–117.

Erniyanti, Junus, M., & Syam, M. (2020). Analisis ranah kognitif soal latihan berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada buku fisika kelas X (studi pada buku karya Ni Ketut Lasmi). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(2), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.337

Faisal, R. (2015). Pengembangan paket tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill) berdasarkan taksonomi Bloom pada materi matematika kelas VII SMP. Universitas Jember, Jember.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2).

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing Higher Order Thinking Skill (HOTS) tes instrument using lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. REiD (Research and Evaluation in Education), 4(2), 126–135.

Kurniawan, R. Y., & Lestari, D. (2019). The development assessment instrumens of higher order thinking skills on economic subject. Department of Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, and ASPROPENDO, APRODIKSI & ASPAPI, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v14i1.19226

Ndiung, S., & Mariana Jediut. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Netriwati. (2018). Penerapan taksonomi Bloom revisi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Nur, F. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika kelas VII SMP berdasarkan model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan geogebra sebagai upaya meningkatkan higher-order thinking skill dan apresiasi siswa terhadap matematika. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 96–109.

Nurfillaili, U., Yusuf, T. M., & Anggereni, S. (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA Negeri Khusus Jeneponto Kelas XI Semester I. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 83–87. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Okta, T. A. (2020). Pengembangan soal-soal sistem persamaan linear satu variabel berbasis higher order thinking skills pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bajo Kab. Luwu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Saraswati, I. G. A. A., Suharta, I. G. P., & Pujawan, I. G. N. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi aptitude treatment interaction. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 36–41.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Sridadi, & Utama, A. B. (2016). Pengembangan instrumen tes keterampilan dasar bolatangan bagi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 110–116. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v12i2.17110

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–54.

Published
2021-05-30
How to Cite
Martina, M., Ibrahim, M. M., Kusumayanti, A., & Nursalam, N. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DAN TEOREMA PYTHAGORAS. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 85-96. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21183
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 333 times