ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Feby Manzila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nidya Nina Ichiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis dalam mata kuliah Aljabar Linear Elementer mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan pupulasi semua mahasiswa angkatan 2017 dengan sampel 72 orang. Teknik pengumpulan data secara tes tertulis, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika berada pada kategori sedang. Berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis mahasiswa jika dirata-ratakan persentasenya adalah 51,52%. Meskipun terbilang sedang, masih banyak kemampuan-kemampuan yang ditemukan masih tergolong rendah. Indikator yang paling tinggi berada pada kemampuan menarik kesimpulan logis yaitu sebesar 76,53%. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah Aljabar Linear Elementer mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika adalah faktor internal yaitu minat dan konsentrasi, dimana dalam meningkatkan pemahaman logika mahasiswa, hal ini tentunya berkaitan dengan meningkatkan daya nalar. Hal yang serupa terdapat pada disiplin ilmu matematika yang mampu membuat nalar mahasiswa semakin kritis. Selanjutnya faktor eksternal yaitu perangkat pembelajaran, peran dosen dan lingkungan belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the ability of mathematical reasoning and to determine the factors that influence the ability of mathematical reasoning in the Elementary Linear Algebra course of students. This study uses a qualitative descriptive approach using a population of all 2017 students with a sample of 72 people. Data collection techniques are written tests, interviews and documentation, with descriptive statistical analysis techniques. The results obtained are the mathematical reasoning abilities of second semester students of the Mathematics Education Department are in the medium category. Based on the indicators of students' mathematical reasoning abilities, if the average percentage is 51.52%. Even though it is fairly moderate, there are still many abilities that are found that are still relatively low. The highest indicator is in the ability to draw logical conclusions, which is 76.53%. The factors that influence the mathematical reasoning ability in the Elementary Linear Algebra course for second semester students of the Mathematics Education Department are internal factors, namely interest and concentration, where in improving students' understanding of logic, this is of course related to increasing reasoning power. The same thing is found in the discipline of mathematics which is able to make students' reasoning more critical. Furthermore, external factors are learning devices, the role of lecturers and the learning environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton, H. (1998). Aljabar linier elementer. Jakarta: Erlangga.

Hadari, & Martini. (1995). Instrumen penelitian bidang sosial. Gajah Mada University Press.

Hamsiah, Masjudin, & Kurniawan, A. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMPN 13 Mataram pada materi bangun ruang. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1462

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131–143.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Johar, R. (2011). The teachers’ efforts to encourage the students’ strategies to find the solution of fraction problem in Banda Aceh. In Proceeding of 24th International Congress for School Effectiveness and Improvement. Cyprus.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik. In Universitas Pendidikan Indonesia.

Munandar, U. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Nuralam, & Maulidayani. (2020). Capaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model AIR. Jurnal Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997

Nursalam, Angriani, A. D., & Usman, H. (2017). Pengembangan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik madrasah tsanawiyah di Makassar. Lentera Pendidikan, 20(1), 85–97. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a7

Nursuprianah, I., & Sholikhah, M. (2009). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah aljabar matriks (studi kasus pada semester IV tadris matematika tahun akademik 2008/2009 di STAIN Cirebon). EduMa, 1(1), 75–84.

Rosita, C. D., Laelasari, & Noto, M. S. (2014). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier 1. Euclid, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.33603/e.v1i2.345

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 163–177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275

Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. (2005). Psikologi kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sumarmo. (2016). Pedoman pemberian skor pada beragam tes kemampuan matematika. STKIP Siliwangi.

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13.

Wade, C., & Traves, C. (2017). Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Wulandari, F. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Bulukumba. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Published
2021-11-30
How to Cite
Yuliany, N., Halimah, A., Manzila, F., & Ichiana, N. N. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 275-286. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23766
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 156 times