ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis dalam mata kuliah Aljabar Linear Elementer mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan pupulasi semua mahasiswa angkatan 2017 dengan sampel 72 orang. Teknik pengumpulan data secara tes tertulis, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika berada pada kategori sedang. Berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis mahasiswa jika dirata-ratakan persentasenya adalah 51,52%. Meskipun terbilang sedang, masih banyak kemampuan-kemampuan yang ditemukan masih tergolong rendah. Indikator yang paling tinggi berada pada kemampuan menarik kesimpulan logis yaitu sebesar 76,53%. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah Aljabar Linear Elementer mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Matematika adalah faktor internal yaitu minat dan konsentrasi, dimana dalam meningkatkan pemahaman logika mahasiswa, hal ini tentunya berkaitan dengan meningkatkan daya nalar. Hal yang serupa terdapat pada disiplin ilmu matematika yang mampu membuat nalar mahasiswa semakin kritis. Selanjutnya faktor eksternal yaitu perangkat pembelajaran, peran dosen dan lingkungan belajar.
Abstract
This study aims to determine the ability of mathematical reasoning and to determine the factors that influence the ability of mathematical reasoning in the Elementary Linear Algebra course of students. This study uses a qualitative descriptive approach using a population of all 2017 students with a sample of 72 people. Data collection techniques are written tests, interviews and documentation, with descriptive statistical analysis techniques. The results obtained are the mathematical reasoning abilities of second semester students of the Mathematics Education Department are in the medium category. Based on the indicators of students' mathematical reasoning abilities, if the average percentage is 51.52%. Even though it is fairly moderate, there are still many abilities that are found that are still relatively low. The highest indicator is in the ability to draw logical conclusions, which is 76.53%. The factors that influence the mathematical reasoning ability in the Elementary Linear Algebra course for second semester students of the Mathematics Education Department are internal factors, namely interest and concentration, where in improving students' understanding of logic, this is of course related to increasing reasoning power. The same thing is found in the discipline of mathematics which is able to make students' reasoning more critical. Furthermore, external factors are learning devices, the role of lecturers and the learning environment.
Downloads
References
Anton, H. (1998). Aljabar linier elementer. Jakarta: Erlangga.
Hadari, & Martini. (1995). Instrumen penelitian bidang sosial. Gajah Mada University Press.
Hamsiah, Masjudin, & Kurniawan, A. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMPN 13 Mataram pada materi bangun ruang. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115–123. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1462
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131–143.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Johar, R. (2011). The teachers’ efforts to encourage the students’ strategies to find the solution of fraction problem in Banda Aceh. In Proceeding of 24th International Congress for School Effectiveness and Improvement. Cyprus.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik. In Universitas Pendidikan Indonesia.
Munandar, U. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Nuralam, & Maulidayani. (2020). Capaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model AIR. Jurnal Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997
Nursalam, Angriani, A. D., & Usman, H. (2017). Pengembangan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik madrasah tsanawiyah di Makassar. Lentera Pendidikan, 20(1), 85–97. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a7
Nursuprianah, I., & Sholikhah, M. (2009). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah aljabar matriks (studi kasus pada semester IV tadris matematika tahun akademik 2008/2009 di STAIN Cirebon). EduMa, 1(1), 75–84.
Rosita, C. D., Laelasari, & Noto, M. S. (2014). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier 1. Euclid, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.33603/e.v1i2.345
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy mahasiswa calon guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 163–177. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharnan. (2005). Psikologi kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sumarmo. (2016). Pedoman pemberian skor pada beragam tes kemampuan matematika. STKIP Siliwangi.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13.
Wade, C., & Traves, C. (2017). Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Wulandari, F. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Bulukumba. Universitas Muhammadiyah Makassar.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).