Analisis Kesalahan Penulisan pada Undangan Pernikahan berdasarkan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

  • Ridwan Andi Mattoliang Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Ahmad Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Rostina Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Keywords: error analysis, EYD, KBBI, writing errors, wedding invitations

Abstract

This study aims to analyze writing errors in wedding invitations based on the rules of the Enhanced Spelling System (EYD) and the Great Dictionary of the Indonesian Language (KBBI). Wedding invitations are an important form of written communication in social life, so errors in writing can disrupt meaning, aesthetics, and the credibility of the event organizers. This research employs a descriptive qualitative analysis method by identifying and classifying various types of writing errors found in wedding invitations circulating in society. The study examines spelling mistakes, word choice, and punctuation errors that do not conform to the EYD and KBBI guidelines. The results indicate that common errors include discrepancies in spelling, incorrect word usage, and improper punctuation placement. These findings are expected to contribute to raising public awareness about the importance of using language in accordance with correct linguistic rules, particularly in writing wedding invitations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. F. (2020). Kesalahan pemakaian ejaan dalam penulisan autobiografi mahasiswa prodi s-1 sastra indonesia universitas diponegoro angkatan 2019 kelas A. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(1), 84–95. https://doi.org/10.14710/nusa.15.1.84-95

Ayuningsih, H. P., Rahmawati, A. I., Pitasari, A. D., & Damariswara, R. (2023). Analisis kesalahan penggunaan EYD pada modul ajar tema 7 kelas IV SD. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 85–94. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i3.476

Ramadaniyanti, D. P., & Citrawati, T. (2022). Analisis kesalahan penggunaan ejaan bahasa indonesia dalam menulis teks cerpen siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 46–58. https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.1154

Fitriani, A. Y. R., & Rahmawati, L. E. (2020). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dan huruf miring dalam teks berita online detiknews dan tribunnews. Bahastra, 40(1), 10. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695

Haryanti, A. S. (2019). Kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan deskripsi terhadap kemampuan menulis mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 351–367. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3047

Hasana, H. (2022). Fungsi dan peran bahasa Indonesia dalam penulisan ilmiah. Jurnal Literasiologi, 8(4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.391

Itaristanti, I. (2020). Pengutamaan bahasa indonesia di ruang publik pada nama tempat usaha di jalan perjuangan kota Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 223. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i2.6427

Johan, G. M. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12153

Kirana, N. S. & Warsiman. (2023). Kesalahan penggunaan EYD edisi V dalam kompetensi menulis teks berita kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 432–443. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i2.4737

Mulyani, D. M., & Fitriani, H. S. H. (2019). Analisis kesalahan pengunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan sederhana siswa kelas III SDN II Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 13. https://doi.org/10.31000/lgrm.v7i1.1616

Nurhamidah, D. (2018). Analisis kesalahan ejaan pada karangan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pena Literasi, 1(2), 92. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.92-107

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020201

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Karawang: Saba Jaya Publisher.

Rochmansyah, B. N., Mulyaningsih, I., & Itaristanti, I. (2022). Analisis kesalahan berbahasa pada surat edaran resmi. Litera, 21(1), 81–93. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i1.40115

Zubaidi, A., & Faznur, L. S. (2019). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia pada karangan narasi mahasiswa thailand di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Prosiding Semnas FIP.

Published
2024-12-01
How to Cite
Mattoliang, R. A., Ahmad, & Rostina. (2024). Analisis Kesalahan Penulisan pada Undangan Pernikahan berdasarkan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(2), 212-226. https://doi.org/10.24252/asma.v6i2.52847
Section
Artikel
Abstract viewed = 146 times