KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HADIS

  • Mukhlis bin Mukhtar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Kepedulian sosial merupakan salah satu aspek dari ajaran Islam yang diajarkan Nabi saw. kepada umatnya yang tertulis dalam berbagai kitab hadis.  Dari hadis-hadis Nabi tersebut dapat dipahami bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab.  Tanggung jawab yang diemban oleh setiap individu, mendorong lahirnya kepedulian dalam ruang lingkup yang luas, di antaranya sebagai berikut: Dalam ruang lingkup keluarga, Nabi saw. menuntun orang tua (ayah dan ibu) untuk peduli terhadap pembinaan dan pendidikan anaknya, begitu pula sebaliknya anak dituntun untuk peduli terhadap pembinaan dan pendidikan yang diberikan kepadanya. Dalam ruang lingkup tetangga, Nabi saw. berpesan untuk menumbuhkan kebiasaan berbagi dengan tetangga.  Kebiasaan berbagi akan melahirkan sikap saling kenal-mengenal, menjalin keakraban, tolong-menolong, bantu membantu dan juga memudahkan untuk medeteksi jika tetangga dalam kesusahan dan kesedihan.  Dengan demikian akan terbentuk ruang lingkup kepedulian sosial yang senantiasa menjunjung tinggi ukhuwah (persaudaraan) yang utuh tanpa ada sekat suku, bangsa dan agama.

Author Biography

Mukhlis bin Mukhtar, UIN Alauddin Makassar
Ilmu Hadis

References

Al-Asfahani, Al-Ragib. Mu’jam al-Mufradat al-Fazil-Qur’an. Bairut: Dar al-Fikr, t.th.

Azzam, Abd. Rahman. The Eternal Message of Muhammad. London: Melbourne, New York: Quartet Books, 1979.

Al-Buga, Mustafa Dib. Nuzbah al-Muttaqin Syarh Riyadu al-Shalihin, Terj. Misbah, Jilid I. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 2010.

Al-Bukhari, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. S}ah}i>h} al-Bukha>ri>, dalam Mauṣū’ah al-Ḥadȋṡ al-Syarȋf [CD ROM], hadis no. 5552.

Ibnu Hanbal, Abu Abdillah Ahmad. Musnad Ahmad bin Hanbal, dalam Mauṣū’ah al-Ḥadȋṡ al-Syarȋf [CD ROM], hadis no. 22391.

KBBI Offline.

Kementerian Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Tehazed, 2010.

Al-Khurbutuli, Ali Husni. al-Rasul fi al-Madinah. Mesir: Lajnah al-Ta’lif bi Islam, t.th.

Qaradhawi, Yusuf. Ma’alim al-Mujtama’ li Muslim Allazi Nasyuduhu. Kairo: Dar al-Syuruq, 1995.

Al-Qusyairȋ, Abu Husain Muslim bin Hajjaj. S}ah}i>h} Muslim, dalam Mauṣū’ah al-Ḥadȋṡ al-Syarȋf [CD ROM], hadis no.. 3408

Shihab,Muhammad Quraish. Tafsir al-Misbah, Cet.II, Vol. 7. Jakarta: Lentera Hati, 2004.

Al-Tabrani, Mu’jam al-Kabir, Juz I. t.t.: t.p., t.th.

Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i. Tafsir Al-Qur’an Tematik), Jilid II. Cet. I; Jakarta: PT Lentera Ilmu Makrifat, 2019.

Published
2021-02-22
How to Cite
Mukhtar, M. bin. (2021). KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HADIS. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 23(1). https://doi.org/10.24252/jumdpi.v23i1.19170
Section
Artikel
Abstract viewed = 4524 times