Peran Moderasi Beragama dalam Meredam Potensi Konflik di Era Digital

  • Rusmin Abdul Rauf Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Tazkirah Tawakkal UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Neliza UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Astrid Lutfia UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penggunaan media sosial telah meningkat pesat, membawa dampak signifikan pada hubungan antarumat beragama. Moderasi beragama menjadi pendekatan penting untuk meredam potensi konflik di era digital. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran moderasi beragama dalam mengurangi ketegangan dan konflik antar kelompok agama di platform digital. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten dari media sosial seperti Facebook, Twitter, dan forum online. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan moderasi beragama berperan signifikan dalam meredam konflik di media sosial. Kampanye dan konten yang mempromosikan nilai moderasi meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Moderasi beragama penting dalam menjaga kerukunan dan mengurangi konflik di era digital. Diperlukan upaya kolaboratif antara pemimpin agama, masyarakat, dan platform digital untuk mempromosikan moderasi beragama secara efektif. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi strategi-strategi spesifik yang dapat memperkuat moderasi beragama di media sosial.

Author Biography

Rusmin Abdul Rauf, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

 

 

References

Afnan, D. (2018). Terorisme Dalam Bingkai Media Massa (Analisis Framing “Bangkit dari Teror” pada Program Acara Talkshow Mata Najwa di Trans 7). Sosfilkom : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 12(02), 1–11.
Al-Qur’an, L. P. M. (2002). Al-Quran dan Terjemahanya Juz 20-30. 1–373.
Arrobi, M. . (2021). Otoritas Agama di Era Media Baru: Pemetaan Isu dan Tren Kajian. In Perspektif Ilmu Ilmu Sosial di Era Digital: Disrupsi, Emansipasi dan Rekognisi (Issue September). https://www.researchgate.net/publication/355773197_Otoritas_Agama_di_Era_Media_Baru_Pemetaan_isu_dan_tren_kajian
Aziz, A. R. A., Rabi’ah, R., & Ihromi, I. (2023). Peluang dan Tantangan Moderasi Beragama di Era Digital. INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1(02), 64. https://doi.org/10.61590/int.v1i02.90
BPS. (2022). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html
Databoks. (2014). Katadata. https://databoks.katadata.co.id/tags/pengguna-internet
Kumowal, R. L. (2024). Moderasi Beragama Sebagai Tanggapan Disrupsi Era Digital. DA’AT : Jurnal Teologi Kristen, 5(2), 126–150.
Moch Lukluil, S. K. (2023). Moderasi Beragama (Akar Teologi, Nalar Kebudayaan, dan Kontestasi di RUANG Digital). In A. Denok (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Cet I, Vol. 11, Issue 1). Penerbit BRIN. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 2(1), 1–11.
Pabbajah, M., Hannani, H., Pabbajah, T. H., & Deraman, D. (2022). Beragama Di Ruang Digital: Pergeseran Orientasi Dari Pemahaman Agama Ke Spirit Beragama. Dialektika, 15(2), 1. https://doi.org/10.33477/da.v15i2.4028
Paelani Setia, Heri M. Imron, Predi M. Pratama, Rika Dilawati, Awis Resita, A., Abdullah, M. Iqbal Maulana Akhsan, Andini, Indra Ramdhani, R. P. I., & Siti Rohmah, Rizki Rasyid, Usan Hasanudin, R. R. (2021). Kampanye Moderasi Beragama: dari Tradisional Menuju Digital. In Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959
Pute, J. P. (2023). Moderasi Beragama Melalui Literasi Digital Di Abad Ke-21. Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 23(April), 29–38.
Saumantri, T. (2023). Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Media Sosial. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 64. https://doi.org/10.32332/moderatio.v3i1.6534
Syahputra, A. (2024). Jembatan Atau Tembok: Tantangan Moderasi Beragama Dalam Media Sosial. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 4(1), 93. https://doi.org/10.32332/moderatio.v4i1.9068
Wadi, H., & Bagaskara, R. (2022). Perjumpaan Pasar dan Dakwah: Ekspresi Kesalehan Anak Muda dan Komodifikasi Agama di Muslim United Yogyakarta. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 17(1), 51. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.3843
Wibowo, R. W., & Nurjanah, A. S. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 55–62. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/13870
Zuhriyandi, Z. (2023). Harmoni Beragama Dan Pencegahan Konflik: Perspektif Moderasi Menurut Al-Qur’an Dan Alkitab. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(2), 218. https://doi.org/10.32332/moderatio.v3i2.8222
Published
2024-11-11
How to Cite
Abdul Rauf, R., Tawakkal, A. T., Neliza, & Astrid Lutfia. (2024). Peran Moderasi Beragama dalam Meredam Potensi Konflik di Era Digital. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 26(2). https://doi.org/10.24252/jumdpi.v26i2.52344
Section
Artikel
Abstract viewed = 130 times