أهمية التربية الاجتماعية وعلاقتها بمقاصد القرآن الكريم والسنة النبوية: قصص أولي العزم من الرسل نموذجًا
Abstrak
Pendidikan sosial dalam Islam memiliki tujuan yang jelas karna datang melalui tahapan yang diawali dengan bimbingan individu, keluarga dan masyarakat dan didasarkan pada prinsip-prinsip Al-Qur'an dan Sunnah, kisah Rasul Ūlū al Āzm merupakan diantara para kisah Nabi yang memliki banyak pelajaran dan faedah yang dapat diambil untuk kehidupan di dunia. Maka penelitian ini berusaha untuk mengungkap tujuan dari kisah Rasul Ūlū al Āzm dan mengungkap makna-makna pendidikan sosial yang terkandung di dalamnya berdasarkan ayat al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptis analisis untuk melihat konsep pendidikan sosial dalam islam berdasakan prinsip-prinsip Al-Qur'an dan Sunnah. Diantara kesimpulan dari penelitian ini adalah Tujuan al Quran dan Sunnah berbading lurus dengan konsep pendidikan dalam islam dalam melahirkan hamba yang sholeh diatas muka bumi, dengan memperhatikan aspek 3 prinsip utama iaitu akidah, tazkiyah dan kemakmuran, adapun kisah Rasul Ūlū al Āzm yang terdapat didalam al Quran dan hadis merupakan wasilah untuk mencapai kepada tujuan dari utama tersebut.
Kata kunci: Ūlū al Āzm, Pendidikan Sosial, Studi Maqasid al-Quran dan al-Sunnah.
Referensi
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Risalah untuk Kaum Muslimin. (Kuala Lumpur: ISTAC, 2001)
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam. (Kuala Lumpur: ISTAC, 1999)
Al-Bukhari, Muhammad Ibn Ismail. Al-Adab al-Mufrad. (Cairo: Al-Maktabah al-Salafiyyah, 1379H)
Al-Bukhari, Muhammad Ibn Ismail. Al-Jami’ al-Sahih. (Cairo: Dar Al-Tawheed, 2021), Vol. 1
Al-Bukhari, Muhammad. Sahih al-Bukhari. (Cairo: Dar Al-Tawheed, 2021), Vol. 2
Al-Farsi, ‘Alal. Maqasid al-Shari’ah al-Islamiyyah wa Makarimuha. (Beirut: Dar al-Gharb al-Islami, 1993)
Al-Faruqi, Ismail Raji. Tawhid: An Islamic Perspective on Social and Economic Issues. (Beirut: Dar Al-Kalimah, 1982)
Al-Ghazali, Imam Muhammad ibn Muhammad. Jawahir al-Quran. (Beirut: Dar al-Turath, 1995)
Al-Hamidi, Abd al-Karim. Al-Maqasid al-Shar'iyyah fi Tashri'at al-Ahkam. (Beirut: Dar Ibn Hazm, 1429H)
Al-Jawzi, Ibn Qayyim. I’lam al-Muwaqqi’in. (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1995), Vol. 4
Al-Kilani, Majid Gharshan. Tafsir al-Quran: The Concept of Islamic Educational Theory. (Medina: Dar Al-Turath, 1985),
Al-Midani, Abdul Rahman. Ghazwa Fi As-Simeem: A Study of Western Intellectual Invasion and Its Impact on Islamic Education. (Beirut: Dar Al-Qalam, 1982)
Al-Mudrik, Abd al-Karim. Maqasid al-Quran wa Tashri’at al-Ahkam. (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2000)
Al-Qardawi, Yusuf. How to Deal with the Quran. (Cairo: Dar Al-Hikmah, 1995)
Al-Raysuni, Ahmad. Maqasid al-Shariah: The Higher Objectives of Islamic Law. (Beirut: Arab Network, 2013)
Al-Safarini, Shamsuddin. Lawa’im Al-Anwar Al-Bahiyyah. (Damascus: Maktabat Al-Khafiqin, 1982), Vol. 2
Al-Shatibi, Ibrahim Ibn Musa. Al-Muwafaqat fi Usul al-Shari'ah. (Beirut: Dar Ibn Hazm, 1997), Vol. 4
Al-Zarqani, Muhammad. Malahim al-Irfan fi Fiqh al-Quran wa al-Sunnah. (Beirut: Dar al-Irfan, 1995)
Al-Zarqani, Muhammad. Manahil al-‘Irfan. (Cairo: Dar Al-Irshad, 1999), Vol. 2
Fajri, Az-Zubair. The Role of Social Structure in the Quran and Sunnah. (Cairo: Al-Maktabah Al-Asriyah, 2005)
Faraqi, Ismail Raji. Tawhid. (Beirut: Dar Al-Kalimah, 1982)
Muslim, Abu al-Hassan al-Nawawi. Sahih Muslim. (Cairo: Dar al-Tawheed, 2021), Vol. 4, p. 1987