Pengembangan Komik Elektronik (E-COMIC) Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas Viii MTs Negeri 6 Bulukumba

  • Andi Ferawati Jafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This research is an R & D (Research andDevelopment) study which aims to describe  the  process  of  developing  a  valid,  practical  and  effective  business electronic    comic    (e-comic)    for    Business    and    Simple    Aircraft.    The development   design   used   is   the   4D   model   (Define,   Design,   Develop, Disseminate). The  subjects  of  this  study  consisted  of  one  science  subject teacher  and  24  class  VIII  students  for  the  2019/2020  school  year.  The research  location  was  located  at  MT's  Negeri  6  Bulukumba,  Gantarang District,  Bulukumba  Regency.  The  results  showed  that  the  validity  value obtained  for  the  media  was  0.8.  This  value  is  in  the  medium  validity  range. This  shows  that  the  Business  and  Simple  Aircraft  e-comics  are  valid  and suitable for use. The level of practicality shows that the Business and Simple Aircraft electronic comics (e-comics) are categorized as practical as indicated by  the  responses  and  observations  to  the  implementation  of  the  e-comics  of Usaha  and  Simple   Aircraft  which  provide  100%  positive  and  practical responses. The level of media effectiveness is based on the learning outcomes of students with a percentage of 87% of  students who score above the  KKM value. Based on these data, it can be concluded that the electronic comics (e-comics)  of  Business  and  Simple  Aircraft  which  were  developed  are  valid, practical, and effective.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambaryani (dkk). 2017. Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. jurnal Pendidikan surya edukasi (JPSE), volume: 3, nomor:1, juni 2017.

Anggereni, S. dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1 No. 1. hh. 2.

Asnawir, dkk. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: 2012.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.

Bagus rayes.2012. Media Elektronik dan Media Massa. Diakses dari: rayesbatamtoday2012.blogspot.com/2012/01/media-elektronik-dan media-massa.html?m=1

Crăciun, Dana dan Mădălin Bunoiu, 2017. Augmented Reality. Universitas Barat Timișoara, Timișoara, Romania

Dwi Puspita Widyastuti (dkk). 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Online Toondoo Dengan Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Untuk Materi Geometri Datar Pada Siswa Kelas X Di SMA NEGERI 5 SEMARANG. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. hal 383-402 November 2016. Diakses dari :http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2010.

Ernawati, E & Sari, H. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1 pp.24-36. 2010.

Fatimah dan widiyatmoko. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidkan IPA Indonesia. Universitas Negeri Semarang

Fitri Nurinayati (dkk). 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Imun di SMA Negeri S13 Jakarta. BIOSFER, Vol VII, No.2, Oktober 2014.

Kadir. 2015. Statistika Terapan Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Kadir. 2016. Statistika Terapan Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Indah Lestari, Devy. 2016. Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Putra, Nusa. Research & Development, Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.

Tegeh I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lesmono, A, D. Dkk. 2018. THE INSTRUCTIONAL-BASED ANDRO-WEB COMICS ON WORK AND ENERGY TOPIC FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Maya Destya Putri. 2018. Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. JOM FISIP Vol.5 No.1 – April 2018.

Muliyati, D. dkk. 2019. The development of digital comics to explain the photoelectric effect through biographies and history.

Meyta Pritandhai. 2016. Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. E-ISSN: 2442-4994 Vol.4. No. 2 (2016) 1-7.

Munandhi, Y. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. 2013.

Noov. 2019. 7 Keunggulan Clip Studio Paint Dibnding Software Ilustrasi Lainnya. Diakses dari: https://www.noov.site/2019/03/7-keunggulan-clip-studio-paint.html?m=1.

Nur Wahyuningsih, Ary. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. ©Universitas Negeri Semarang 2012.

Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Sadiman, Arif S. (dkk). 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT raja grafindo Persada.

Syihab Ikbal, Muh. dkk. 2020. Pengembangan Modul Pembelajran IPA Fisika Berbasis Pop-Up Book. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 8, No.1. hh. 54

Satriani, dkk, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Dengan Model Penalaran Kausal Untuk Mencegah masalah. Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1. hh.9

Septi adeliyanti (dkk). 2018. Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. ©kadikma, Vol 9, No.1, hal. 123-130, April 2018

Suartama, IK. ”Pengembangan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, jilid 43, no.3 Oktober (2010). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/130/124. (Diakses 25 Desember 2017).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA CV.

Published
2021-04-28
How to Cite
Jafar, A. F. (2021). Pengembangan Komik Elektronik (E-COMIC) Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas Viii MTs Negeri 6 Bulukumba. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20839
Section
Artikel
Abstract viewed = 866 times