Pengembangan Komik Elektronik (E-COMIC) Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTs Negeri 6 Bulukumba

  • Andi Ferawati Jafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: R&D, Media Pembelajaran, Usaha dan Pesawat Sederhana

Abstrak

Penelitian  merupakan  penelitian  R&D  (Research  and  Development)  yang bertujuan untuk  mendeskripsikan proses pengembangan komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana  yang  valid, praktis dan efektif. Desain Pengembangan    yang    digunakan    adalah    model4D    (Define,    Design, Develop,Disseminate).  Subjek  penelitian  ini  terdiri  atas  guru  mata  pelajaran IPA   berjumlah   satu   orang   dan   peserta   didik   kelas   VIII   tahun   ajaran 2019/2020  yang  berjumlah  24  orang.  Lokasi  penelitian  bertempat  di  MT’s Negeri  6  Bulukumba, Kecamatan  Gantarang,  Kabupaten  Bulukumba.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  nilai  validitas  yang  diperoleh  untuk  media sebesar  0,8.  Nilai  tersebut  berada  pada  rentang  validitas  sedang.  Hal  ini menunjukkan   bahwa   komik   elektronik   (e-comic)   Usaha   dan   PesawatSederhana telah valid dan layakdigunakan. Tingkat kepraktisan menunjukkan bahwa    komik    elektronik    (e-comic)    Usaha    dan    Pesawat    Sederhanadikategorikan  praktis  yang  ditunjukkan  dari  respon  dan  observasi  terhadap keterlaksanaan   media   komik   elektronik   (e-comic)   Usaha   dan   Pesawat Sederhana   yang   memberikan   100%   respon   positif   dan   praktis.   Tingkat efektifitas   media   didasarkan   pada   hasil   belajar   peserta   didik   dengan persentase    87%    peserta    didik    memperoleh    nilai    diatas    nilai    KKM. Berdasarkan  data  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  komik  elektronik  (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhanayang dikembangkan  memiliki kategori valid, praktis, dan efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ambaryani (dkk). 2017. Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. jurnal Pendidikan surya edukasi (JPSE), volume: 3, nomor:1, juni 2017.

Anggereni, S. dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1 No. 1. hh. 2.

Asnawir, dkk. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: 2012.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.

Bagus rayes.2012. Media Elektronik dan Media Massa. Diakses dari: rayesbatamtoday2012.blogspot.com/2012/01/media-elektronik-dan media-massa.html?m=1

Crăciun, Dana dan Mădălin Bunoiu, 2017. Augmented Reality. Universitas Barat Timișoara, Timișoara, Romania

Dwi Puspita Widyastuti (dkk). 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Online Toondoo Dengan Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Untuk Materi Geometri Datar Pada Siswa Kelas X Di SMA NEGERI 5 SEMARANG. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. hal 383-402 November 2016. Diakses dari :http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2010.

Ernawati, E & Sari, H. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1 pp.24-36. 2010.

Fatimah dan widiyatmoko. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidkan IPA Indonesia. Universitas Negeri Semarang

Fitri Nurinayati (dkk). 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Imun di SMA Negeri S13 Jakarta. BIOSFER, Vol VII, No.2, Oktober 2014.

Kadir. 2015. Statistika Terapan Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Kadir. 2016. Statistika Terapan Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Indah Lestari, Devy. 2016. Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Putra, Nusa. Research & Development, Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.

Tegeh I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lesmono, A, D. Dkk. 2018. THE INSTRUCTIONAL-BASED ANDRO-WEB COMICS ON WORK AND ENERGY TOPIC FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Maya Destya Putri. 2018. Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. JOM FISIP Vol.5 No.1 – April 2018.

Muliyati, D. dkk. 2019. The development of digital comics to explain the photoelectric effect through biographies and history.

Meyta Pritandhai. 2016. Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. E-ISSN: 2442-4994 Vol.4. No. 2 (2016) 1-7.

Munandhi, Y. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. 2013.

Noov. 2019. 7 Keunggulan Clip Studio Paint Dibnding Software Ilustrasi Lainnya. Diakses dari: https://www.noov.site/2019/03/7-keunggulan-clip-studio-paint.html?m=1.

Nur Wahyuningsih, Ary. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. ©Universitas Negeri Semarang 2012.

Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Sadiman, Arif S. (dkk). 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT raja grafindo Persada.

Syihab Ikbal, Muh. dkk. 2020. Pengembangan Modul Pembelajran IPA Fisika Berbasis Pop-Up Book. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 8, No.1. hh. 54

Satriani, dkk, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Dengan Model Penalaran Kausal Untuk Mencegah masalah. Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1. hh.9

Septi adeliyanti (dkk). 2018. Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. ©kadikma, Vol 9, No.1, hal. 123-130, April 2018

Suartama, IK. ”Pengembangan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, jilid 43, no.3 Oktober (2010). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/130/124. (Diakses 25 Desember 2017).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA CV.

Diterbitkan
2021-04-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 803 times