Pengembangan Komik Elektronik (E-COMIC) Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTs Negeri 6 Bulukumba
Abstrak
Penelitian merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana yang valid, praktis dan efektif. Desain Pengembangan yang digunakan adalah model4D (Define, Design, Develop,Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri atas guru mata pelajaran IPA berjumlah satu orang dan peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Lokasi penelitian bertempat di MT’s Negeri 6 Bulukumba, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk media sebesar 0,8. Nilai tersebut berada pada rentang validitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan PesawatSederhana telah valid dan layakdigunakan. Tingkat kepraktisan menunjukkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhanadikategorikan praktis yang ditunjukkan dari respon dan observasi terhadap keterlaksanaan media komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana yang memberikan 100% respon positif dan praktis. Tingkat efektifitas media didasarkan pada hasil belajar peserta didik dengan persentase 87% peserta didik memperoleh nilai diatas nilai KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhanayang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis, dan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ambaryani (dkk). 2017. Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. jurnal Pendidikan surya edukasi (JPSE), volume: 3, nomor:1, juni 2017.
Anggereni, S. dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1 No. 1. hh. 2.
Asnawir, dkk. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: 2012.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.
Bagus rayes.2012. Media Elektronik dan Media Massa. Diakses dari: rayesbatamtoday2012.blogspot.com/2012/01/media-elektronik-dan media-massa.html?m=1
Crăciun, Dana dan Mădălin Bunoiu, 2017. Augmented Reality. Universitas Barat Timișoara, Timișoara, Romania
Dwi Puspita Widyastuti (dkk). 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Online Toondoo Dengan Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Untuk Materi Geometri Datar Pada Siswa Kelas X Di SMA NEGERI 5 SEMARANG. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. hal 383-402 November 2016. Diakses dari :http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. 2010.
Ernawati, E & Sari, H. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1 pp.24-36. 2010.
Fatimah dan widiyatmoko. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidkan IPA Indonesia. Universitas Negeri Semarang
Fitri Nurinayati (dkk). 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Imun di SMA Negeri S13 Jakarta. BIOSFER, Vol VII, No.2, Oktober 2014.
Kadir. 2015. Statistika Terapan Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Kadir. 2016. Statistika Terapan Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Indah Lestari, Devy. 2016. Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta
Putra, Nusa. Research & Development, Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.
Tegeh I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lesmono, A, D. Dkk. 2018. THE INSTRUCTIONAL-BASED ANDRO-WEB COMICS ON WORK AND ENERGY TOPIC FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia
Maya Destya Putri. 2018. Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. JOM FISIP Vol.5 No.1 – April 2018.
Muliyati, D. dkk. 2019. The development of digital comics to explain the photoelectric effect through biographies and history.
Meyta Pritandhai. 2016. Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. E-ISSN: 2442-4994 Vol.4. No. 2 (2016) 1-7.
Munandhi, Y. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi. 2013.
Noov. 2019. 7 Keunggulan Clip Studio Paint Dibnding Software Ilustrasi Lainnya. Diakses dari: https://www.noov.site/2019/03/7-keunggulan-clip-studio-paint.html?m=1.
Nur Wahyuningsih, Ary. 2012. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. ©Universitas Negeri Semarang 2012.
Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Sadiman, Arif S. (dkk). 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT raja grafindo Persada.
Syihab Ikbal, Muh. dkk. 2020. Pengembangan Modul Pembelajran IPA Fisika Berbasis Pop-Up Book. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 8, No.1. hh. 54
Satriani, dkk, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Dengan Model Penalaran Kausal Untuk Mencegah masalah. Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1. hh.9
Septi adeliyanti (dkk). 2018. Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. ©kadikma, Vol 9, No.1, hal. 123-130, April 2018
Suartama, IK. ”Pengembangan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, jilid 43, no.3 Oktober (2010). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/130/124. (Diakses 25 Desember 2017).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA CV.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]