Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas Dengan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar

  • Hasbullahair Ashar
  • Andi Muh. Fahri Hufaini

Abstract

Penelitian ini memiliki pokok permasalahan mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan Certainty of Response Index. Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep fisika yang dialami oleh siswa pada pokok bahasan teori kinetik gas dengan menggunakan CRI di kelas XI SMAN 12 Makassar. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, penelitian yang menggambarkan fenomena- fenomena yang ada ,  jenis analisis dokumen yaitu untuk menghimpun dan menganalisis dokumen – dokumen resmi, yang valid dan keabsahannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik CRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 12 Makassar dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) Pemahaman konsep siswa terhadap materi teori kinetik gas pada siswa kle as XI SMA Negeri 12 Makassar masih dalam kategori rendah , hal ini ditunjukkan dari hasil persentase pemahaman konsep siswa sebesar 32,59%. Analisis selanjutnya didapatkan bahwa tidak paham konsep sebesar 25,02% dan  miskonsepsi sebesar 41,92%.(2) Pemahaman konsep siswa tiap indikator pemahaman konsep translasi, interpretasi dan ekstrapolasi dalam kategori rendah dan sangat rendah. Pada kategori sedang yaitu indikator translasi dan interpretasi dengan persentase sebesar 38,85% dan 36,22% sedangkan pada kategori sangat rendah yaitu indikator ekstrapolasi dengan persentase sebesar 16,94%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang.Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Semester II. https://fisikaceriasite.files.wordpress.com/2016/06/teori-kinetik-gas.pdf,

Berg, E. v. d. (ed). 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. (Salatiga : Universitas

Kristen Satya Wacana Press).

Bloom et al. (1956). Taxonomy of Education Objectives. U.S.A: Longmans

Bukhori, M. A. F. (2012). Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Optimalisasi Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta didik di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah. Magelang: Berkala Fisika Indonesia volume 4 nomor 1 &2 januari & juli 2012

Dahar, R.W. (2011) . Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran.( Jakarta : Bumi Aksara).

Halomoan . 2008. Teori dan Praktik. (Jakarta : Erlangga).

Irmayanti. (2012). Pengaruh Penggunaan Simulasi Computer Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Makassar : Skripsi (Tidak diterbitkan)

Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1,Jakarta: Erlangga, 2009.

Kustiyah, Miskonsepsi Difusi dan Osmosis pada siswa MAN Model Palangkaraya, Jurnal ilmiah guru kanderang.

M. Subana dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka Setia

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja ROsdakarya, 2012

Paul Suparno, Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Pickard, M. J. (2007). The New Blooms Taxonomy An Overview For Family and Consumer Sciences. Journal Of Family and Consumer Sciencer education

Ratna Wilis Dahar, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga, 2011.

Retnawati,Heri. 2016. Analisis Kuantitatif. Yokyakarta: Parama Publising.

Saleem Hasan, et.al, Misconception and the Certainty of Response Index (CRI),

Journal of Phys. Educ. 34(5) September 1999.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta : Grasindo

Swamwisna dan Kurnia ningsih, Diagnosa Kesalahan Konsep (miskonsepsi) Mahasiswa Tingkat pertama pada Konsep –Konsep Biologi Program Studi Pendidikan Biologi, laporan penelitian,2008.

Siregar, sofyan. 2014. Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi aksara.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta .

Sudijono, anas. 2009. Pengantar Statistic Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers .

Sutarno. Kategori Pemahaman Konsep.2012.(online http://fisika21.wordpress.com/2012/09/25/kategori-pemahaman konsep /5 juli 2013

Tri Ade Mustaqim. 2014. Identifikasi Miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) pada konsep fotosintesis dan resprasi tumbuhan. (Universitas Syarif Hidayatullah,pendidikan biologi)

Yuyu R. Tayubi, Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep – Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI), Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, No. 3/XXIV?2005, h. 5.

Zulfiani, dkk, Strategi Pembelajaran Sains, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta, 2009.

Published
2021-10-25
How to Cite
Ashar, H., & Hufaini, A. M. F. (2021). Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas Dengan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 113-119. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.24425
Section
Artikel
Abstract viewed = 369 times