Persepsi Peserta Didik Terhadap Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Mengaplikasikan Multimetode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fisika
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran
mengenai bagaimana persepsi peserta didik terhadap kemampuan tenaga didik
dalam mengaplikasikan multimetode pembelajaran pada mata pelajaran fisika di
SMA Negeri Kabupaten Sinjai.
Penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan menggunakan
pendekatan fenomenologi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas
XI IPA SMA Negeri Kabupaten Sinjai, yaitu SMA Negeri 2 Sinjai, SMA Negeri
9 Sinjai dan SMA Negeri 12 Sinjai. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak
60 orang, dimana setiap sekolah diwakili 20 orang peserta didik. Selanjutnya
penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu angket, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi peserta didik terhadap
kemampuan tenaga pendidik dalam mengaplikasikan multimetode pembelajaran
pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri Kabupaten Sinjai berada pada kategori
baik, dimana tenaga pendidik sudah menggunakan metode pembelajaran yang
variatif dalam proses pembelajaran. Namun, ada beberapa metode pembelajaran
yang belum maksimal penerapannya, misalnya metode metode eksperimen. 2)
Jenis metode pembelajaran yang digunakan tenaga pendidik dalam pelajaran
fisika di SMA Negeri Kabupaten Sinjai tergolong beragam. Adapun metode
pebelajaran yang digunakan yaitu, metode Drill, Project Based Learning, tanya
jawab, metode ceramah, Discovery Learning, diskusi kelompok, dan metode
demonstrasi.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan agar hasil penelitian ini
adalah 1) Pertimbangan bagi tenaga pendidik mata pelajaran fisika untuk dapat
menggunakan multimetode pembelajaran, agar dapat meningkatkan antusias
peserta didik dan hasil belajar peserta didik. 2) Guna penelitian selanjutnya,
diharapkan agar peneliti dapat lebih fokus terhadap metode-metode pembelajaran
yang digunakan oleh tenaga pendidik.
Downloads
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]