Pengetahuan Owner Online Shop Tentang Praktek Jual Beli Followers di Instagram Dalam Pandangan Islam

  • Nur Hasanah D UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ayu Ruqayyah Yunus UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ambo Asse UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sudirman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Jual beli, Followers, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian tentang “Pengetahuan Owner Online Shop Tentang Praktek Jual Beli Followers Di Instagram Dalam Pandangan Islam”, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan owner online shop tentang praktek jual beli followers serta pandangan Islam dalam praktek jual beli followers di instagram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan pendekataan deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah owner online shop, akademisi, majelis ulama Indonesia (MUI) Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan owner tetang jual beli followers hampir semua owner online shop mengetahui bagaimana mekanisme transaksi jual beli followers, namun mengenai kekurangan dan kelebihan jual beli followers dilihat dari sisi agama masih sangat kurang pemahaman. Sedagkan jual beli followers dalam pandangan Islam itu dilarang karna lebih banyak mudarat nya dari pada manfaat nya, di dalam jual beli followers juga tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli. Jual beli followers termasuk gharar, bai najasy karna ada kebohongan penawaran, diantaranya followers yang digunakan dalam transaksi jual beli kebayakan akun robot/ fake, atau terkadang satu orang mengelola lebih dari beberapa akun.

References

Abdullah, Boedi, Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamallah, Bandung: Pustaka Setia (2014).

Al-Gozzi, Muhammad Qosim, Fath al-Qorib al-Mujib, Beirut: Dar-alkutub Alilmiah (2003).

al-Khalafi, Abdul Azim bin Badawi, Al-Wajīz

Anisa, Nur, Hukum Islam Praktik Jual Beli Followers, Likes, Viewers Diinstagram, UIN Raden Intan Lampung, Skripsi, (2018).

At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, Juz 3, Nomor Hadis 1209, Maktaba Kutub Al-Mutun, Silsilah Al-„Ilm An-Nafi‟, Seri 4, (1426 H).

Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers (2015).

Hasan, M. Ali, Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam (Fiqh Muamalat), Jakarta: t.p (2003).

Https://instaindo.com/jasa/tambah-followers.php Di Akases 18 Agustus 2020.

Https://www.hipwee.com/list/ingin-beli-followers-di-instagram-cekdulu-5-hal-ini/

Huda, Qamarul, Fiqh Muamalah.

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Social, Jakarta: Gaung Persada (2008).

Karimi, Izzudin, Fikih Muyassar, Jakarta: Darul Haq (2017).

Kartono, Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju (1996).

Kementrian Agama RI, Al-Qur‟an Al-Karim dan Terjemahannya, Semarang: Toha Putra Semarang (2002).

Landsverk, Kjell H. The Instragam Handbook, Terj. Gita Haris, Prime Head: Limited United Kingdom, (2004).

Landsverk, Kjell H., The Instragam Handbook, Terj. Gita Haris, Prime Head: Limited United Kingdom, 2004.

Miranda, Sofia, Pengaruh Instragam Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universiats Riau, Jurnal Jom FISIP, Vol. 4, No. 1, (Februari 2017).

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (2017).

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Pers (2017).

Mulyo, Hadi, Falsafah dan Hikmah Hukum Islam, Semarang: Adhi Grafika (1992). 70

Munawwir, AW, Kamus al-Munawwir Arab – Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Progresif (1984).

Nahdiah dan Syarif Hidayatullah, Analisis Bai‟ Gharar Terhadap Jual Beli Followers di Instagram, Jurnal Al- Mizan, Vol. 3, No. 2, (Agustus 2019).

Perkembangan Teknologi, https://library.binus.ac.id di Akses pada 18 Agustus 2020.

Permata, Ariesta Ayu, Pemanfaatan Media Sosial untuk Jual Beli Online di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya Melalui Instragam, Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universiats Airlangga Surabaya, 2016.

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. Sebanyak inikah jumlah pengguna instagram di Indonesia, Kompas.com. (Di akses pada Tanggal 15 Agustus 2020)

Purwidiantoro, Moch Hari, dkk. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), Jurnal Eka Cida, Vol. 1, No. 1, (Maret 2016).

Qori, Daniel Al, Transaksi Jual Beli Followers Di Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Studi Islam, Vol. 12, No. 15, (Agustus 2019).

Rahayu, Eswanto Sugeng dan Siti Laela, “Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa”, Jurnal Penegembangan Wiraswasta, Vol. 20, No. 3, (Desember 2018).

Shobirin, Jual Beli Dalam Pandangan Islam, Jurnal Bisnis, Vol. 3, No. 2, (Desember 2015).

Subagyo, Joko, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta (1991).

Sudaryono, Metodologi Penelitian, Depok: PT Raja Grafindo Persada (2018).

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta, (2017).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta (2015).

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode, dan Teknik, Bandung: Tarsito, (1990).

Syafei, Rachmat, Fiqih Muamalah Untuk UIN, STAIN, PTAIS, dan Umum, Bandung: Pustaka Setia, Cet. Ke-10 (2001).

Syafei, Rachmat, Fiqih Muamalah Untuk UIN, STAIN, PTAIS, dan Umum.

Www. Instraviral.com.

Yazid, Muhammad, Hukum Ekonomi Islam, Sidoarjo: Cahaya Intan (2014).

Zuhaili, Wahbah, Al-Fiqh Al-Islam wa Adillatuhu, Juz 5.

Zuhaili, Wahbah, Al-Mu’tamad fi Al-Fiqh Al-Syafi’i, Juz 3.

Wawancara

Trisno (31 tahun), Akademisi, Wawancara, Samata, 30 Maret 2021

Zulfikar Darusalam M.Si.M.Idam (33 tahun), Akademisi, Wawancara Samata, 30 Maret 2021

Dr. Hj. Rahmawati Muin, M.Ag., Majelis Ulama Indonesia (MUI), Wawancara, Samata, 12 Juli 2021.

Muthia Zhafirah Ali (21 tahun), Owner Pileshop, Wawancara, Makassar, 3 Maret 2021.

Nikma Sandewi (23 tahun), Owner Love.Beeme, Wawancara, Makassar, 5 Maret 2021.

Ruhul Fadilah (22 tahun), Owner Loheshop, Wawancara, Makassar, 5 Maret 2021.

Published
2022-04-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 137 times