Pengaruh Word Of Mouth, Islamic Branding dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim pada Toko RJA (Rumah Jahit Akhwat) di Kota Makassar

  • riskayanti
    (ID)
  • Fathurrahman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Syathir Sofyan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Munculnya berbagai trend fesyen dalam berpakaian muslim tentu saja banyak disukai oleh semua generasi baik generai tua, generai muda bahkan sampai anak-anak kecil sekalipun. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth, islamic branding dan brand image terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko RJA (Rumah Jahit Akhwat) di kota Makassar.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung pada saat penyebaran kuisioner dilokasi penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang telah membeli produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat, serta teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik non probality sampling dengan metode purpusive sampling. Analisis data menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistik 21.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Hipotesis pertama diterima, dimana word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. Hipotesis kedua diterima, dimana islamic branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. Hipotesis ketiga diterima, dimana brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di kota Makassar. serta adanya pengaruh secara bersama-sama yaitu word of mouth, islamic branding dan brand image berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko Rumah Jahit Akhwat di Kota Makassar.

References

Abdurrahman Hana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia.
Anafarhanah, S. (2019). Tren Busana Muslimah Dalam Perspektif Bisnis Dan Dakwah. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1), 81–90.
Fitri, G. K. (2017). Komodifikasi Busana Muslim (Studi Di Perusahaan Muslim Gaby Surabaya). Jurnal Studi Sosilogi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, 1–11.
Iknesya Rahma Finanda, & Wiwaha, A. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. Jurnal Ilmiah Widyaekonomika, 1(2), 143–140.
Joesyiana, K. (2018a). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Joesyiana, K. (2018b). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru (Survey Pada Mahasiswa Semester Vii Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 1–15.
Kemenag RI. (2019). Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Cv. Pustaka Agung Harapan.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Diterjemahkan Bejamin Molan. Pt. Prenhallindo.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Penerbit Salemba Empat.
Mayori, K. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jenawi Oblong Riau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi Fakultas Syariah An Ilmu Hukum Universtas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 1–119.
Nurul Aisyah. (2021). Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Yang Dimediasi Brand Awareness Pada Remaja Wanita Di Kota Makassar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1–156.
Oktasari, R. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kaospolosjambi. Skripsi Manajemen Pemasaran-Ekonomi Universitas Batanghari, 1–101.
Pertiwi, R. P. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Dangan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening Di Kabupaten Barru. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1–98.
Prastika, D. D. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Toko Distro Kaos Miko Di Kota Dumai Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skiripsi Ekonomi Syariah-Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 1–103.
Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89.
Ronoprasetyo, T. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Bjong Ngopi Di Sleman) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018 Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Bjong. Skripsi Manajemen-Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 1–133.
Rosmaniar, A. (2022). Pengaruh Islamic Branding Dan Islamic Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Sunsilk Hijab (Studi Kasus Pada Konsumen Shampo Hijab Sunsilk Di Kota Bandar Lampung). Skripsi Manajemen Bisnis Syariah-Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1–69.
Setyana, A. (2015). Pengaruh Brand Image Toko Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.
Setyaningsih, T. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Brand Image, Setyaningsih, T. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Brand Image, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya Oleh Masyarakat Ponorogo. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Ins. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponogoro, 1–91.
Siregar, N. H. (2021). Pengaruh Brand Image , Kualitas Pelayanan, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah (Studi Kasus : Rizkia Tour & Travel Bukittinggi). Skripsi Manajemen Haji Dan Umrah-Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bukittinggi, 1–102.
Veithzal Rivai. (2009). Islamic Human Capital Edisi I. Rajawali.
Published
2023-08-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 325 times