Korelasi Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Solving Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya

  • Rizky Fatmalasari. L Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikaan Universitas Darussalam Ambon
  • Randi Hasim Latukau 2Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikaan Universitas Darussalam Ambon
  • I Gede Purwana Edi Saputra Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Imam Permana UIN Alauddin Makassar
  • Fitriani Kadir Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikaan Universitas Muslim Maros
  • Azmar Azmar Jurusaan Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dedy Rahmat Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tobadak, Mamuju Tengah
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Problem Solving

Abstrak

Penelitian  ini  merupakan penelitian deskriptif tipe korelasi  yang  melibatkan siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  3  Leihitu.  Variabel  penelitian,  yakni  variabel minat  belajar  dan  hasil  belajar  siswa,  sedangkan  teknik  analisa  data  adalah analisis  deskriptif  dan  analisis  inferensial  dengan  metode  korelasi.  Hasil penelitian   ini   membuktikan   bahwa   minat   belajar   siswa   memberikan hubungan   yang   signifikansi   terhadap   pencapaian   hasil   belajar   fisika (kognitif,   afektif,   dan   psikomotorik).   Hasil   penelitian   menggambarkan bahwa  minat  belajar  siswa  yang  diajarkan  dengan  menggunakan  metode problem solvingdapat mempengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran guna  mencapai  hasil  belajar  fisika.  Dalam  menggunakan  metode problem solving,  siswa    lebih  berpikir  dan  bertindak  kreatif  dalam  memecahkan masalah,  dimana  guru  lebih  banyak  melibatkan  siswa  sebagai  subjek  yang mencari  dan  memecahkan  sendiri  dan  bukan  sebagai  objek  yang  hanya menerima informasi dari guru, sehingga siswa dapat secara aktif belajar dan mengapresiasikan     ilmu     yang     mereka     terima     di     sekolah     guna mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencan Perdana Media Group.

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Slamento. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdi Karya.

Suryabrata. S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Wenno. I. H. 2011. Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Konteks. Yogyakarta. Grafika Indah.

Diterbitkan
2021-04-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 401 times