Korelasi Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Solving Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif tipe korelasi yang melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Leihitu. Variabel penelitian, yakni variabel minat belajar dan hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisa data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan metode korelasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar siswa memberikan hubungan yang signifikansi terhadap pencapaian hasil belajar fisika (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Hasil penelitian menggambarkan bahwa minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solvingdapat mempengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran guna mencapai hasil belajar fisika. Dalam menggunakan metode problem solving, siswa lebih berpikir dan bertindak kreatif dalam memecahkan masalah, dimana guru lebih banyak melibatkan siswa sebagai subjek yang mencari dan memecahkan sendiri dan bukan sebagai objek yang hanya menerima informasi dari guru, sehingga siswa dapat secara aktif belajar dan mengapresiasikan ilmu yang mereka terima di sekolah guna mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencan Perdana Media Group.
Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.
Slamento. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdi Karya.
Suryabrata. S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Wenno. I. H. 2011. Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Konteks. Yogyakarta. Grafika Indah.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]