Pengaruh Pemberian Responsible Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Villain Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Ipa 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf

  • Fadliana Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar
    (ID)
  • Mukti Ali
  • Andi Ulfah Khuzaimah
Kata Kunci: Responsible, Minat Belajar, Hasil Belajar, Siswa Villain

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject) dengan menggunakan desain A-B. Penelitian ini hanya menggunakan satu siswa sebagai subjek penelitian, dan siswa yang dijadikan subjek adalah siswa dengan kategori villain (nakal). Siswa yang tergolong villain tersebut diperoleh dari kriteria-kriteria yang telah dicantumkan dalam beberapa instrumen yang digunakan seperti pedoman wawancara dan sosiometri untuk mendapatkan subjek dengan kategori villain. Berdasarkan hasil analisis dengan analisis deskriptif menggunakan analisis grafik diperoleh rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase baseline yaitu 26,5% dan 59,9%. Sementara, rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase intervensi yaitu 92,5% dan 86,5%. Dapat terlihat rata-rata pada fase baseline yaitu kondisi yang belum diberlakukannya tretmen berupa pemberian responsible terhadap minat maupun hasil belajar siswa sangatlah rendah dibandingkan pada fase intervensi yaitu kondisi pemberian responsible. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Belly, Ellya dkk, 2006, Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi, Simposium Nasional Akuntansi, Padang.

Bob and Anik Anwar, 1983, Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra-Seleksi Murni, Ganesa Exact, Bandung.

Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Fraenkel, Jact R, and Norman E Wallen, 1998, How to Design and Evaluate in Research, McGraw-Hill Companies, New York.

Herlina, 2010, Minat Belajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Lovaas, O. Ivar, 2003, Teaching Individual with Developmental Delaysi Basic Intervention Techniques, Pro-ed, Texas.

Megawangi, Ratna, 2009, Pendidikan Karakter, Indonesia Heritage Foundation, Jakarta.

Rosnow, Ralph. L. and Robert Rosenthal, 2005, Understanding Behavioral Science, PT. Elex Media, Jakarta.

Sunanto, Juang, dkk, 2005, Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba, Jepang.

Wilis, Sofyan S, 2009, Konseling Individual Teori dan Praktek, Alfabeta, Solo.

Diterbitkan
2021-04-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 125 times