Pengaruh Pemberian Responsible Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Villain Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Ipa 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject) dengan menggunakan desain A-B. Penelitian ini hanya menggunakan satu siswa sebagai subjek penelitian, dan siswa yang dijadikan subjek adalah siswa dengan kategori villain (nakal). Siswa yang tergolong villain tersebut diperoleh dari kriteria-kriteria yang telah dicantumkan dalam beberapa instrumen yang digunakan seperti pedoman wawancara dan sosiometri untuk mendapatkan subjek dengan kategori villain. Berdasarkan hasil analisis dengan analisis deskriptif menggunakan analisis grafik diperoleh rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase baseline yaitu 26,5% dan 59,9%. Sementara, rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase intervensi yaitu 92,5% dan 86,5%. Dapat terlihat rata-rata pada fase baseline yaitu kondisi yang belum diberlakukannya tretmen berupa pemberian responsible terhadap minat maupun hasil belajar siswa sangatlah rendah dibandingkan pada fase intervensi yaitu kondisi pemberian responsible. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Belly, Ellya dkk, 2006, Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi, Simposium Nasional Akuntansi, Padang.
Bob and Anik Anwar, 1983, Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra-Seleksi Murni, Ganesa Exact, Bandung.
Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Fraenkel, Jact R, and Norman E Wallen, 1998, How to Design and Evaluate in Research, McGraw-Hill Companies, New York.
Herlina, 2010, Minat Belajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Lovaas, O. Ivar, 2003, Teaching Individual with Developmental Delaysi Basic Intervention Techniques, Pro-ed, Texas.
Megawangi, Ratna, 2009, Pendidikan Karakter, Indonesia Heritage Foundation, Jakarta.
Rosnow, Ralph. L. and Robert Rosenthal, 2005, Understanding Behavioral Science, PT. Elex Media, Jakarta.
Sunanto, Juang, dkk, 2005, Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba, Jepang.
Wilis, Sofyan S, 2009, Konseling Individual Teori dan Praktek, Alfabeta, Solo.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]