Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Bencana Alam Dan Mitigasi Bencana Dengan Pendekatan Blended Learning Melalui Google Classroom
Abstrak
Abstrak. Munculnya wabah pendemi di tahun 2020 memaksa kita untuk melakukan pembatasan kegiatan sosial. Termasuk dalam kegiatan tatap muka di sekolah sehingga harus diadakan pembelajaran secara daring. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran secara daring ini adalah Google Classroom dengan menggunakan pendekatan blended learning. Kelebihan dari aplikasi Google Classroom dibanding aplikasi lain yaitu aplikasi Google Classroom dapat digunakan untuk membuat dan mengelola kelas, tugas, nilai serta dapat memberikan masukan secara langsung. Adapun rumusan masalah penelitian adalah apakah ada peningkatan hasil belajar IPA materi bencana alam dan mitigasi bencana dengan pendekatan blended learning melalui Google Classroom peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Tarakan. Dengan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bencana alam dan mitigasi bencana dengan pendekatan blended learning melalui google classroom peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Tarakan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan empat kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alasan memilih PTK karena dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi professional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada peserta didik dan dengan observasi pada aktivitas guru dan peserta didik yang dilakukan oleh seorang observer. Berdasarkan hasil penelitan rata-rata klasikal ketuntasan belajar peserta didik pada Siklus I adalah 73.24 dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 83.24, demikian juga untuk pengamatan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dan semua aspek berkategori sangat baik Dari paparan data dan hasil penelitian serta pembahasan maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran IPA materi mitigasi bencana dan bencana alam dengan pendekatan blended learning pada aplikasi Google Classroom dapat menungkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri I Tarakan.
Kata Kunci: Blended learning, Google Classroom
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]