Improving Student Learning Outcomes Applying The Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model in Class VIII Science Learning

  • Ersa Saputri IAIN Parepare
    (ID)
  • Eka Sriwahyuni IAIN Pare Pare
    (ID)
  • Fajriyani IAIN Pare Pare
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).  Observasi, dokumentasi dan hasil tes merupakan teknik pengumpilan data yang digunakan, teknik analisis data yang dipakai adalah metode kualitatif, dengan subjek penelitian kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian penerapan model pembelajaran TGT pada kondisi awal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare dengan hasil belajar peserta didik  hanya sampai 25%, kemudian mencapai 55% pada siklus satu dan 85% pada siklus dua, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar dapat meningkat. Pembelajaran TGT di SMP Muhammadiyah Parepare Kelas VIII A dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran, dibuktikan dengan adanya indikator pemahaman, perhatian, keterlibatan dan kerjasama. Tingkat aktivitas peserta didik  secara keseluruhan pada siklus I sebesar 54,37%, dan meningkat pada siklus II sebesar 71,87%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-11-08
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 66 times