Improving Student Learning Outcomes Applying The Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Learning Model in Class VIII Science Learning
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Observasi, dokumentasi dan hasil tes merupakan teknik pengumpilan data yang digunakan, teknik analisis data yang dipakai adalah metode kualitatif, dengan subjek penelitian kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penelitian penerapan model pembelajaran TGT pada kondisi awal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Parepare dengan hasil belajar peserta didik hanya sampai 25%, kemudian mencapai 55% pada siklus satu dan 85% pada siklus dua, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar dapat meningkat. Pembelajaran TGT di SMP Muhammadiyah Parepare Kelas VIII A dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran, dibuktikan dengan adanya indikator pemahaman, perhatian, keterlibatan dan kerjasama. Tingkat aktivitas peserta didik secara keseluruhan pada siklus I sebesar 54,37%, dan meningkat pada siklus II sebesar 71,87%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]