PERSEPSI MAHASISWA PRODI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM TERHADAP PELAYANAN PRODI AQIDAH DAN ISLAM FILSAFAT
Abstract
Judul Penelitian: Persepsi Mahasiswa Prodi Aqidah Dan Filsafat Islam Terhadap Pelayanan Prodi Aqidah Dan Islam Filsafat, dengan rumusan masalah; 1) Bagaimana bentuk pelayanan Prodi terhadap mahasiswa, 2) Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pelayan Prodi, 3) Bagaimana Kendala yang dihadapi. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripsi.
Prodi Akidah dan Filsafat Islam merupakan salah satu Prodi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar yang memiliki visi adalah Pusat Studi Pemikiran Islam Transformatif Berbasis Peradaban Islam
Bentuk Pelayanan terhadap mahasiswa meliputi; pengurusan KRS, bimbingan skripsi yang terdiri atas; memasukkan judul, proposal, ujian hasil dan ujian munaqasyah. ujian komprehensif, nilai, Kuliah Kerja lapang (KKL), dan penasehat akademik. Pada dasarnya mahasiswa tidak mempermasalahkan prosedur pelayanan tersebut dan mereka tidak mendapatkan kendala dalam pelayanan tersebut,hanya mereka menyarankan agara dosen memprioritaskan mahasiswa.
Downloads
References
Damis, Rahmi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada ajaran Cinta dalam Tasawuf menurut mahasiswa Prodi Ilmu Akidah dalam jurnal al-Ulum, Vol. 14 no. 1 tahun 2014
--------, Efektivitas Ujian Komprehensif Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahsiswa, dalam Jurnal Aqidahta Vlume IV Nomor 1 Tahun 2018,
http://blogiimrohimah.blogspot.co.id/2015/02/makalah-penelitian-tingkat-kepuasan.html
Dokumen Prodi Akidah dan Filsafat Islam
Hadi, Surtrisno, Metodologi Reseach, Jakarta: UGM Press,1980.
Hasil pertemuan Assosiasi Akidah dan Filsafat Islam se Indonesia di Surabaya, tanggal 18 Maret 2018
Ine I Yousda Amiran & Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Restu, Aksara.
James P. Spradley, Participation Observation, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1990.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet.VIII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000
Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik, Jakarta: Salemba
Manual Prosedur Prodi Filsafat Agama
Muhammad bin Ali bin Muhammad, Irsyad al-Fuhuli Ila Tahqiq al-Haqq min Ilmi al-Usuli, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu, Stuktur Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan, Makassar: Alauddin University Press, 2011
Pedoman Edukasi Universitas Islam Negeri, tahun 2016
Qutub ,Sayyid, Fi Zilal al-Qur’an. Jilid, VI. Kairo: Dar al-Syarūq, 1992.
Rumusan Workshop Kurikulum Akidah dan Filsafat Islam
Saleh, Marhaeni dan Rahmi Damis, Efektivitas ujian Komprehensif Dalam Meningkatkan Kompotensi Mahasiswa Ilmu Akidah, Makassar: Pusat Penelitian UIN Alauddin Makassar, 2014 Suhartini, Eka, Kualitas Pelayan Kaitannya dengan Kepuasan konsumen, Makassar: Alauddin Press, 2012.
Shihab, Quraissh, Secercah Cahaya Ilahy, Bandung: Mizan, 2007.
Shadily, Hasan, Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 1983.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Yonas Boky, Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Peklayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar dalam Jurnal 270 JURNAL JAFFRAY, Vol. 14, No. 2, Oktober 2016.