MEMBINCANG ULANG TEOLOGI ISLAM KLASIK DALAM DUNIA KONTEMPORER

  • Muhaemin Latif
    (ID)

Abstract

Artikel ini memperbincangkan potret teologi Islam klasik dalam konteks dunia kontemporer. Tiga paham teologi yang menjadi tema sentral dalam artikel ini adalah jabariah, muktazilah dan ahlu as-sunnah wa al-jamaah. Ketiga-tiganya telah mewarnai sejarah peradaban Islam mulai dari Bani Umayyah sampai pada Bani Abbasiah. Jabariah telah menjadi mazhab resmi pada masa kekhalifahan Bani Umayyah, sementara muktazilah dan ahlu as-sunnah wa al-jamaah telah mewarnai kejayaan dan keemasan Bani Abbasiah. Salah satu problem mendasar yang ditemukan dalam penelitian ini adalah eksistensi teologi Islam klasik yang belum bisa menjawab problematikan kekinian. Teologi Islam klasik masih berkutat pada persoalan-persoalan normative seperti dosa besar, surga dan neraka, belum membuka diri pada issu-issu yang terkait dengan sosial kemasyarakatan seperti kemiskinan, kelaparan, serta ketidakadilan. Artikel ini merekomendasikan perlunya rekonstruksi terhadap bangunan teologi Islam dengan mendekatkan pada soal-soal riil yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. Falsafah Kalam di Era Post-modernisme, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

al-Atsari, Abdullah bin Abdil Hamid. al-Wajīz fī Aqīdah al-Salafi as-Shalih: Ahlu Sunnah wal-Jamāah. Cet.I; Arab Saudi: Wazārah al-Syuūni al-Islāmiah, 1422 H.

al-Bagdhadi, Abdul Qahir. al-Farqu bain al-Firaq wa Bayān al-Firaq al-Nājiyah. Cet.II; Bairut: Dār al-Afaq al-Jadidah, 1977.

Al-Fayyadl, Muhammad. Teologi Negatif Ibnu Arabi: Kritik Metafisika Ketuhanan. Cet.I; Yogyakarta: LKiS, 2012.

Al-Syahrastani, al-Milal wa al-Nihal. Beirut: Darul Ma’rifah, 1404 H.

az-Zarqani, Muhammad Abdul Adhim. Mahahilul Irfān fī Ulūm al-Qur’an. Cet.I; Beirut: Darul Fikr, 1996.

Eliade, Mircea (Ed.), The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Library Reference, 1986.

Engineer, Asghar Ali. “A New Approach of Islam Needed” http://andromeda.rutgers.edu /~rtavakol/engineer/recon.htm13 (diakses pada tanggal 07 April 2015).

----------------------------“Reconstruction of Islamic Thought” http://andromeda.rutgers.edu /~rtavakol/engineer/recon.htm13 (diakses pada tanggal 06 April 2015).

---------------------------- Islam and Its Relevance to Our Age. diterj. Oleh Hairus Salim HS dan Imam Baehaqy, Islam dan Pembebasan. Yogyakarta: LKiS, 1993.

---------------------------- On Developing Theology of Peace in Islam, diterjemahkan oleh Rizqon Hamami, Liberalisasi Teologi Islam: Membangun Teologi Damai dalam Islam. Cet. I; Yogyakarta: Alenia, 2004.

Grolier, New Websters Dictionary (USA: Library Larosse, 1992), h. 249.

Hidayat, Kamaruddin. Agama Masa Depan, Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta: Paramadina, 1995.

Hitti, Philip K. History of the Arabs: From the Earliest Times to the Present, terjemahan Cecep Lukman Yasin, Dedi Slamet Riyadi, History of the Arabs. Cet. I; Jakarta: Serambi Indonesia, 2013.

Muhammad, Afif. Dari Teologi ke Ideologi: Telaah atas Metode dan Pemikiran Teologi Sayyid Quthb. Bandung: Pena Merah, 2004.

Musthafa, Neveen Abdul Khalik. Al-Muaradhah fi Fikr al-Siyasi al-Islami, diterjemahkan oleh Ali Ghufron, Oposisi Islam. Cet. I; Yogyakarta: LKiS, 2012.

Napel, Henk ten. Kamus Teologi: Inggris-Indonesia, Jakarta: Gunung Mulia, 2006.

Nasr, Seyyed Hossein. Theology, Philosophy and Spirituality, diterj. oleh Suharsono, Intelektual Islam; teologi, Filsafat dan Gnosis, Cet.I; Yogyakarta: CIIS Press, 1995), h. 11-12.

Nasution, Harun. Teologi Islam: Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Cet. V; Jakarta: UI Press, 2009.

Nuryatno, Agus. “’ Asghar Ali Engineer’s Views on Liberation Theology and Womens Issues in Islam” Theses unpublished, Canada: Mc.Gill Montreal, 2000.

Waldman, Marylin Robinson. “Sunnah” dalam Mircea Eliade (Ed.), The Encyclopedia of Religion (New York: Simon and Schuster Macmillan, 1995.

Published
2019-06-30
How to Cite
Latif, M. (2019). MEMBINCANG ULANG TEOLOGI ISLAM KLASIK DALAM DUNIA KONTEMPORER. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 5(1), 114 - 129. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v5i1.10059
Section
Artikel
Abstract viewed = 1296 times