PENANAMAN NILAI AKIDAH ISLAM DI PESANTREN DAERAH MINORITAS MUSLIM

  • Bulu' Bulu' Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
    (ID)
  • Nuryani Nuryani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
    (ID)

Abstract

Pesantren pembangunan Muhammadiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berada di wilayah muslim minoritas Tana Toraja. Pesantren ini membina santri agar memiliki pengetahuan, pemahaman, keimanan, dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam yang sebenar-benarnya. Penanaman akidah Islam merupakan hal penting dan pokok, karena santri dipesantren ini umumnya berasal dari lingkungan  keluarga tidak tahu sama sekali mengenai agama Islam khususnya mereka yang berasal dari latar belakang orang tua yang berbeda agama sehingga di pesantren pembinaan awal yang dilakukan adalah pembinaan tauhid, mengajar mereka mengaji. Hal itu membutuhkan perhatian dan perilaku khusus. Pembinaan khususnya bidang akidah Islam merupakan hal penting, mendasar dan pokok di pesantren pembangunan Muhammadiyah. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan awal dan mendasar tentang ajaran Islam yang benar-benar sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadis. Penanaman nilai-nilai akidah Islam dilaksanakan melalui materi; tauhid, rukun imam, rukun Islam, serta pembinaan mental keagamaan dan pencegahan pemahaman dan perilaku syirik, tahyul, bid’ah dan khurafat sebagaimana yang menjadi Matan keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-A’la al-Maududi, Azaz-azas Islam terj. H.O.K. Rahmat. Kelantan: Dewan Pustaka Fajar, 1985.

Arif, Armai. Pengatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsini. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Ed. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Departemen Agama R.I, Al-Qur’an dan Terjemahnya . Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2002.

DM. Ilham Hamid.”Metode Penanaman Nilai-nilai Keagamaan terhadap Anak di Taman Pendidikan al-Qur’an BKPRMI Kota Makassar” Tesis tidak diterbitkan, Program Pasca Sarjana UIN Alauddon Makassar, 2002.

Raehang. “Aktualisasi Nilai-nilai Ajara Islam di dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Madrasah Aliyah Negeri I Kendari”. Tesis tidak diterbitkan, Program Pascasarjana UIN Makassar, 2006.

Razak, Nasaruddin. Dienul Islam. Cet. XX; Bandung: PT. Al-Ma’arif, 2007.

Robert, K. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo, 1997.

Sugiyono. Metode Ppenelitian Kuantitati Kuaitataif dan R&D. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2009.

Usman Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Wekke Ismail Suardi. “Pendidikan Bahasa Arab dan Kontruksi Pembelajaran Modern di Pesantren Minoritas Muslim Indonesia” (Simposium Isu-iIsu Sejarah dan Tamadun Islam (SISTI II) Institut Kajian Rantau Asia Barat (IKRAB), Universiti Kebangsaan Malaysia, 2013.

Wekke, Ismail Suardi. “Pembelajaran dan Identitas Muslim Minoritas”, Jurnal Ilmu Pendidikan al-Rabwah 6, no 2 2012.

Published
2019-06-30
How to Cite
Bulu’, B., & Nuryani, N. (2019). PENANAMAN NILAI AKIDAH ISLAM DI PESANTREN DAERAH MINORITAS MUSLIM. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 5(1), 105 - 113. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v5i1.10163
Section
Artikel
Abstract viewed = 1307 times