HAKIKAT AL-RASIKHUNA FI AL-‘ILM DALAM PEMIKIRAN AL-‘ALLAMAH AL-TABATABA’I
Abstract
Abstrak
Ta’wil sebagai salah satu ilmu yang berkaitan dengan pemahaman mengenai kata, kalimat dan pesan-pesan Allah yang tercatat dalam kitab suci al-Qur’an merupakan sebuah kajian yang penting dalam khazanah keilmuan Islam. Kebutuhan terhadap ta’wil pada era sekarang ini merupakan keniscayaan. Melihat pesatnya perkembangan dan kemajuan masyarakat yang dihasilkan oleh penelitian-penelitian ilmiah yang tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga jika pada kenyataannya sisi lahiriah dari teks-teks keagamaan memiliki pertentangan dengan perkembangan dan kemajuan tersebut, maka tidak ada pilihan kecuali melakukan penakwilan
Pengetahuan tentang ta’wil biasanya dikaitkan dengan sosok al-rasikhuna fi al-‘ilm (orang yang mandalam ilmunya dan mantap keimanannya). Bermacam-macam teori yang dirumuskan oleh ulama, baik ulama ilmu kalam, tasawwuf, maupun ulama tafsir tentang al-rasikhuna fi al-‘ilm. Akan tetapi, kebanyakan teori yang dirumuskan terbatas pada boleh tidaknya sosok al-rasikhuna fi al-‘ilm mengetahui ta’wi>l yang terkandung dalam ayat-ayat mutasyabih.
Al-‘Allamah al-Tabataba’i dalam bukunya al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an menyatakan bahwa tujuan utama penyebutan al-rasikhuna fi al-‘ilm dalam al-Qur’an maupun hadis Nabi Muhammad saw. adalah untuk menggambarkan menggambarkan keteguhan iman, kemuliaan perilaku, kelurusan hati, dan kecerdasan berfikir yang mereka miliki ketika berinteraksi dengan al-Qur’an bukan hanya sebagai dalil tentang pengetahuan mereka terhadap takwil al-Qur’an.
Downloads
References
Al-Qur’an al-Karim
Algar, Hamid. Allamah Sayyid Muhammad Husain Thabathaba’i: Philosopher, Exegete, and Gnostic. Berkeley: Journal of Islamic Studies, 2006.
al-Asfihani, al-Ragib.Mufradat Alfaz al-Qur’an. Dimasyq: Dar al-Qalam, 2009.
al-Haidari, Kamal. Usul al-Tafsir wa al-Ta’wil: Muqaranah Manhajiyyah baina Ara’ al-Tabataba‘i wa Abraz al-Mufassirin, juz 2. Iran: Dar Faraqid li al-Taba’ah wa al-Nasyr, 2006.
Ibn Manzur, Muhammad ibn Mukrim. Lisan al-‘Arab, juz 11. Beirut: Dar Sadr, 2010.
Ibn Rusyd, Muhammad bin Ahmad. Kitab Fasl al-Maqal wa Taqrir ma Baina al-Syari’ah wa al-Hikmah min al-Ittishal. Beirut: Dar al-Masyriq, 1986
Khalimi. Logika: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.
al-Sya’rawi, Muhammad Mutawalli. Tafsir al-Sya’rawi. Qahirah: Ikhbar al-Yaum, 1991.
al-Tabataba’i, al-‘Allamah. Al-Qur’an fi al-Islam. Terj. Kamaluddin Marzuki Anwar dan A. Qurthubi Hassan. Mengungkap Rahasia al-Qur’an. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 1986.
-------. Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, juz. 1. Beirut: Muassasah al-‘Alami li al-Matbu‘ah, 1997.
al-Tabrani, al-Mu’jam al-Kabir li al-Tabrani, juz 8. Qahirah: Maktabah Ibn Taimiyah, t.th.
Umar, Nasaruddin. “Konstruksi Takwil Dalam Tafsir Sufi & Syi’ah”. Jurnal Studi al-Qur’an. Vol. II, No. 1, 2007.
‘Umar, Ahmad Mukhtar. Mu’jam al-Lugah al-‘Arabiyyah al-Mu’asirah, juz 1. Qahirah: ‘Alim al-Kitab, 2008.
al-Zuhaili, Wahbah. al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj, juz 4. Dimasyq: Dar al-Fikr, 2007.