PAHAM DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWI TERHADAP KEWAJIBAN HIJAB/JILBAB: STUDI PERBANDINGAN SMA DAN MAN DI KOTA MAKASSAR

  • Darmawati H Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi paham keagamaan antara siswi terkait kewajiban penggunaan hijab/jilbab, untuk mengetahui implementasi sikap keagamaan siswi terkait kewajiban pengenaan hijab/jilbab dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, internet dan media sosial menjadi variabel paling memengaruhi siswi baik MAN maupun SMAN sebagai sumber rujukan mereka dalam menambah pengetahuan agama. Sumber-sumber yang lain seperti pengajian di organisasi dan pengajian di masjid. Pengajian di ROHIS dan halaqah cukup memberi pengaruh sebagai sumber pengetahuan keislaman siswi baik MAN maupun SMAN. Normativitas kognitif siswa terkait hijab cukup tinggi, semua siswa menerima hijab sebagai doktrin dan kewajiban agama bagi setiap muslimah serta semuanya menolak konsep bahwa hijab atau jilbab hanyalah produk budaya. Pada aspek-aspek yang lain terkait normativitas kognitif hijab di kalangan siswi SMAN maupun MAN menunjukkan bahwa kecenderungan tersebut cukup tinggi yaitu pada angka rata-rata 80-90an persen serta tidak ada perbedaan yang berarti antara normativitas kognitif hijab di kalangan siswi SMAN maupun MAN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulaziz bin Marzuq ath-Tharifi, Hijab Busana Muslimah Sesuai Syariat dan Fitrah, Cet. I; Sukoharjo, al-Qowam, 2015.

Andirani, Lousiana. Peranan Media terhadap Imitasi Budaya pop Berhijab (Studi Kasus pada Muslimah di Kota Medan), Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, 2014.

Al-Araby, Abu Bakar Muhammad ibn ‘Abdillah. Ahkam al-Qur’an, Cet. I; Mesir: Isa al-Halaby, 1958.

Ash-Shabuni, Muhammad Ali. Jilid III, Tafsir al-Ayatul Ahkam minal Qur’an, diterjemahkan oleh Mu’ammal Hamidy dan Imron A. Manan, Cet. V; Surabaya: Bina Ilmu, 2007.

M. Barnard, Fashion sebagai Komunikasi, Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender, Yogyakarta: Jalasutra,1996.

Dahlan, Abdul Azis. (et al). Ensiklopedi Hukum Islam Jilid III, Cet.VI; Jakarta: Van Hoeve, 2010.

Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, Edisi III. Semarang: Toha Putra, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi keempat, Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam Jilid 2, Ensiklopedi Islam, Cet. VII; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2007.

Mernissi, Fatimah. Pemikiran Feminisme tentang Hijab, Kepemimpinan dan Nushuz, 2 Desember 2016. Google, diakses 16 Februari 2018.

Nasehudin, Toto Syatori. dan Nanang Gozali, Metode Penelitian Kuantitatif Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Shihab, M. Quraish. Jilbab Pakaian Wanita Muslimah, Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendekiawan Kontemporer, Jakarta: Lentera Hati, 2014.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah, Vol. 11, Cet. VII; Jakarta: Lentera, 2007.

Ath-Tharifi, Abdulaziz bin Marzuq. Hijab Busana Muslimah Sesuai Syariat dan Fitrah, Cet.I; Solo: al-Qawam, 2015.

Tim Peneliti Bidang Kehidupan Keagamaan Balai Litbang Agama Makassar, Respons Siswa terhadap Radikalisme Agama di Kawasan Timur Indonesia, Penelitian 2016.

W. S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2004.

Yafie, K.H. Ali. Menggagas Fikih Sosial, Cet. X; Bandung: Mizan, 2008.

Yunita, Sari. Methia Rosalita. Jilbab Sebagai Gaya Hidup Wanita Modern, Tesis Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Yulikhah, Safitri. Jilbab antara Kesalehan dan Fenomena Sosial, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 36 tahun 2017.

Published
2020-06-30
How to Cite
H, D. (2020). PAHAM DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWI TERHADAP KEWAJIBAN HIJAB/JILBAB: STUDI PERBANDINGAN SMA DAN MAN DI KOTA MAKASSAR. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 6(1), 99 - 130. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v6i1.15975
Section
Artikel
Abstract viewed = 310 times