KONSEP PEMBINAAN KARAKTER ’AISYIYAH RANTING TODDOPULI
Abstract
’Aisyiyah Ranting Toddopuli merupakan salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak membantu masyarakat dalam bidang keagamaan khususnya, sehingga sangat potensi untuk melalukan pembinaan karakter masyarakat melalui kegiatan yang telah diprogramkan seperti; pengajian rutin, bimbingan Qira’ah dan kajian kandungan al-Qur’an, membantu masyarakat yang berduka, melaksanakan kurban dan buka bersama pada bulan Ramadhan dan 10 Muharram. Sdeang metode yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan tersebut adalah; ceramah, diskusi, memberi contoh secara lansung dan. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah mewujudkan masyarakat yang memiliki karakter yang baik agar menjadi ’Ibadurrahman. Walaupun tujuan tersebut belum tercapai akan tetapi hasilnya sudah tampak pada perubahan karakter seperti peningkatan kuantitas ibadah, jiwa sosial yang suka membantu, kejujuran dan akuntabilitas.Downloads
References
Amin, Ahmad, al-Akhlaq, Terj. Farid Ma’ruf ‘Etika (Ilmu Akhlak)”, Jakarta: Bulan Bintng, 1978.
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ‘Aisyiyah, Yogyakarta: Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, 2005
Departemen Agama R.I., al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang CV. Toha Putra, 2002.
Elfindri et. al., Pendidikan Karakter, Kerangka Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional,, Jakarta: Baduose Meia, 2012), h. 125-200.
Al-Gazali, Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad. Iḥya’ ‘Ulum al-Din. Juz III,. Beirut: Dar al-Fikr, 1991.
Hasymy, A. Dustur Dakwah Menurut al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.
Hadi, Surtrisno, Metodologi Reseach, Jakarta: UGM Press,1980.
Ine I Yousda Amiran & Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidikan (Jakarta: PT. Bumi Restu, Aksara), h. 45.
Ismail, Muhammad Ilyas, Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai, Makassar: Alauddin University Prees, 2012.
James P. Spradley, Participation Observation, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1990.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet.VIII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maragi. Jilid X, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
Murtadha Mutaharri, Perfect Man, diterjemahkan oleh M. Hashem dengan judul Manusia Sempurna, Jakarta: Erlangga, 2003.
Muslim, Imam, Ṣaḥīḥ Muslim, juz I, Kairo: Isa al-Bāb al-Halab wa Syirkah, 1955.
Makhfoed, KI M.A., Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah dan Penerapannya, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Nashir, Haedar, et. al., Revitalisasi Visi dan Karakter bangsa Agenda Indonesia Ke Depan, Yogyakarta:Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2009.
Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan, Tanfiz Keputusan Musywil Ke-38 ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan di Makassar, Makassar: t.p., 2011.
Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Strategi Dakwah ‘Aisyiyah Dan Tantangan Polarisasi Idiologi, Makalah, 2016.
--------, Qaidah Organisasi, Pedoman dan Peraturan Organisasi ‘Aisyiyah, Yogyakarta; Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, 2009.
Poespoprodjo, W. & EK.T. Gilarso, Logika Ilmu Menalar Dasar-dasar berpikir Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dealektis, Bandung: Pustaka Grafika, 1999.
Qutub, Sayyid. Fi Zilal al-Qur’an. Jilid, VI. Kairo: Dar al-Syarūq, 1992..
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Syaltut, Mohammad, Min Taujihat al-Islām, Kairo: t.p., 1969.
Toha Yahya Omar, Ilmu Dakwah, Jakarta: Wijaya, 1971.
Yaumi, Muhammad, Pilar-Pilar Pendidikan Karakter, Makassar: Alauddin University Press, 2012
http://www.khittah.co/inilah-pandangan-keislaman-muhammadiyah/2371/