KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S. LUQMAN 12-19

  • Nur Hayati
    (ID)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk membina pribadi muslim yang memiliki akidah yang kuat, taat beribadah, memiliki kepekaan sosial serta tampil sebagai pribadi yang berakhlak mulia. Al-Qur’an mengabadikan Luqman sebagai sosok pribadi yang diberikan hikmah oleh Allah swt.,  bahkan al-Qur’an menunjukkan peran yang dimainkan oleh Luqman khususnya dalam pembinaan anak agar tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang berakhlak mulia. Dalam upayanya menanamkan ajaran Islam serta petunjuk pelaksanaan dari aspek kognitif, apektif dan   psikomotorik, selalu dilakukan dengan penuh cinta dan kasih sayang, jauh dari kekerasan dan pemaksaan. Karena itu sosok Luqman yang diabadikan al-Qur’an, tetap relevan untuk pembinaan generasi muda Islam dewasa ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an al-Karim

Ad-DamanhuriAhmad, Idohul Mubham, Semarang: Toha Putra.

Al-Audah bin Al-Fahad Salman, Risalah Ila al-Abb, Cet. 1. Iskandaria: Dar al-Aimân, 2002.

Al-Imam Al-Jalîl Al-Hafîdz Imad Al-Dîn abu Al-Fidâ’ Ismaîl Ibnu Al-Dimasyqi Katsîr, Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm.

Al-Maili bin Muhammad Mubârak,. Risalah al-Syirik wa Madhahirihi, (Cet. 1. Riyadh: Dar al-Râyah, 2001.

Alim Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006.

Al-Maraghi Ahmad Mustafa, Tafsir Al-Maraghi, Semarang: Toha Putra, 1992.

Hamka. Tafsir Al-Azhar Juz 21, Jakarta : PT Pustaka Panjimas,2006.

Shihab, M. Quraisy, Tafsir Al-Mishbah,Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an,Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sudirman. et al.Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya,1991.

Surin Bachtiar, Az-Zikra Terjemah dan Tafsir Al-Qur’an, Bandung : Angkasa, 2002.

Tatapangsara Humaidi, TIM Dosen Agama Islam, Pendidikan Agama Islam untuk Mahasiswa, Malang; Ikip Malang, 1990.

How to Cite
Hayati, N. (1). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S. LUQMAN 12-19. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 48 - 58. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3281
Section
Artikel
Abstract viewed = 571 times