PENGETAHUAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG KARYAWAN
Abstract
Teknologi informasi yang perkembangannya semakin masif mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat dari segala aspek termasuk perilaku keuangan personal masyarakat, Dengan latar belakang yang beraneka ragam serta lifestyle yg berbeda-beda dari setiap individu menyebabkan perilaku seseorang dalam menabung juga berbeda-beda, sehingga pengelolaan keuangan setiap orang juga berbeda, Diharapkan dengan adanya pengetahuan yang baik akan produk dan layanan jasa keuangan Bank semakin baik pula perilaku keuangan seseorang dalam mengatur keuangan pribadinya.. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada karyawan PT. Mars Symbioscience Indonesia sebagai sampel dalam penelitian ini . Pengujian data menggunakan SPSS 25 dan metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji F, uji ketetapan model dan uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk simpanan dan pengetahuan layanan jasa perbankan berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku menabung karyawan. Perilaku menabung karyawan dipengaruhi oleh pengetahuan produk simpanan dan pengetahuan layanan jasa perbankan sebesar 54,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
References
Ardiana, Meta. 2016. Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku Menabung Siswa Se SMK Se Kota Kediri, Universotas Negeri Surabaya Volume. 4. No. 1. Kediri.
Bank Indonesia. 2014. Statistik Perbankan Indonesia http://www.bi.go.id/id/perbankan/keuanganinlkusif/edukasi/Contents/Buku%20Saku%20Keuangan%20Inklusif.pdf [23 September 2019]
Brown, M & Graf, F. 2013. Financial Literacy dan RetirementPlanning in Switzerland.Numeracy, Vol 6, Issue 2, Article 6.
GauravKabra, Prashant Kubra Mishra, Manoj Kumar Dash. 2010. “FactorsInfluencing Investment DecisionofGenerations in India: An Econometric Study”, Asian JournalofManagementResearch, ISSN 2229 – 3795, 308 – 326
Gitman, L. J. 2002. PrincipleOf Manajerial Finance. Edisi 10. Pearson Addison Wesley.
Hayhoe, C. R., Leach, L. J., Turner, P. R., Bruin, M. J., & Lawrence, F. C. 2000. Differences In SpendingHabitsAndCredit Use OfCollegeStudents. JournalofConsumerAffairs, 34(1), 113-133.
Julia, Nurul. 2014. Pengaruh Sosial dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Menabung Nasabah BMT Sahara Tulungagung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Kumar, Nitin. 2013. ”Financial Inclusionanditsdeterminants: EvidenceFrom India”. JournalOf Financial EconomicPolicy”. Vol. 5 No. 1, Emerald Group Publishing.
Loix, E., Pepermens, R., &Hove, L. V. 2005. Who’safraidofthecashlesssociety? : Belgia surveyevidence. Pleminaryjournal.
Nababan, darman dan IsfentiSadalia. 2013. Analisis Personal Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara
Ridwan &Akdon. 2010. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Cet 2. Alfabeta
Siregar, Taufiq. 2014. Pengaruh Pengetahuan Produk-produk Perbankan (Financial Inclusion) terhadap Perilaku Menabung Masyarakat di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Thung, C. M, dkk. 2012. DeterminantsOfSavingBehaviorAmong The UniversityStudents In Malaysia. Malaysia: FacultyOf Business And Finance, Department OfCommerceAndAccountancy, Universiti Tunku Abdul Rahman
Umar, Husein. 2002. Metode Penelitian. Dalam Aplikasi Pemasaran. PT Gramedia: Jakarta
Wahid, Nusron. 2014. Keuangan Inklusif: Membongkar Hegemoni Keuangan. Gramedia: Jakarta
Yuliawan, Eko. 2011. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol (1) Hlm 21-30.
Copyright (c) 2020 Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.