IKLAN, BRAND TRUST DAN BRAND IMAGE SEBAGAI DETERMINAN DALAM MEMILIH KAMPUS UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Muh. Akil Rahman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Samsul Samsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian UIN Alauddin Makasar dan yang merupakan pengaruh paling variabel. Ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data penelitian ini melalui kuesioner dengan skala Linkert. Teknik analisis data yang digunakan melalui regresi linier majemuk, uji validitas, reliabilitas, parsial. asumsi simultan, dan klasik. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh iklan, kepercayaan merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian UIN Alauddin Makassar dan dari semua variabel yang paling dominan pengaruhnya. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan, kepercayaan merek dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bersama. Pengaruh besar yang dominan adalah variabel citra merek secara langsung. Dengan demikian, hipotesis kedua dapat diterima

References

Alma, Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan VIII. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.

Elfitra Desy, Pengaruh Brand Image, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap

Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pancabudi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi) Universitas Pacabudi: 2016

Elisabeth Desi Arista, Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Telkom Speedy di Kota Semarang, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang: 2011

Fianto, Achmad Yanu Alif. “Analisis Brand Strategy Pada Perguruan Tinggi Swasta Islam Di Jawa Timur”. Skripsi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya.

Fransisca Paramitasari Musay, Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang, 2013

Kadir, Abdul dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Cet 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Kartini, Dewa Ayu Juli, dkk. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan

Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB)

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Sebagai Tempat Kuliah.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu: Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Jamaluddin Sawaji dkk, Pengambilan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan, 2011

Kolter, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

L keller, How To Manage Brand Equaty, Gramedia Pustaka :Jakarta1993

Laeli Romadoni, “Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Memilih Perguruan Tinggi Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar”,Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: 2014

M. Ardha Muharram, Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer”,Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar: 2014

Muh. Hasyim Hatta, Pengaruh Daya Tarik Iklan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung dengan OS android,skripsi fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar:2014

Nugroho Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen:Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan

Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Grub

Nuryamin, Filsafat Pendidika Islam Alauddin University pers : Makassar, 2014.

Philip Kotler dan A.B. Susanto, manajemen pemasaran di Indonesia, edisi 1, Salemba empat:Jakarta, 2001

Philip Kotler, manejemen pemasaran, PT. Indeks :Jakarta, 2004

Prescilia Nani Lestari, jurnal pengaruh iklan, brand trust, dan brand image terhadap

minat beli konsumen wigo 4g wimax pt berca hardaya perkasa di kota Balikpapan, Universitas Mulawarman 2012

Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”, Alfabeta :Bandung, 2016

Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif”, Alfabeta: Bandung, 2009

Sugiono, “Metode Penelitian Manajemen”, Alfabeta:bandung, 2013

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung: 2014

Tasruddin, Ramsiyah. Strategi periklanan dalam perspektif komunikasi pemasaran (Aluddin University press), 2011.

Tciptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3, Andi, Yogyakarta.

Umar Husain, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003).

Published
2018-12-08
How to Cite
Rahman, M. A., & Samsul, S. (2018). IKLAN, BRAND TRUST DAN BRAND IMAGE SEBAGAI DETERMINAN DALAM MEMILIH KAMPUS UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 188-204. https://doi.org/10.24252/.v8i2.7252
Abstract viewed = 1004 times