Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Bagi Ekonomi Masyarakat

  • Muhammad Nasri Katman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Firawati Firawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang telah dilakukan oleh LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif, hambatan yang dihadapi dan bagaimana peran LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif terhadap pelaku Ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survai dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang BNI Syariah Jeneponto, BRI Jeneponto, dan pengusaha mikro. Hasil selanjutnya menunjukan bahwa sudah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh LKS dalam mengimplementasikan keuangan inklusif bagi pelaku Ekonomi masyarakat, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa produk, program, pembiayaan yang ditujukan buat para pelaku ekonomi masyarakat. Hambatan yang dihadapi, SDM dan kantor layanan terbatas, terkendala agunan sebagai second way out dikarenakan pembiayaan harus tetap aman, pelayanan internal belum optimal, pemahaman dan kesadaran masyarakat masih senang dengan pinjaman instant, tidak mau ribet sehingga masyarakat lebih banyak yang melakukan transaksi dengan lembaga keuangan konvensional ketimbang LKS yang diasumsikan prosesnya terkesan ribet. Pelaku usaha mikro memerlukan peran LKS terutama dalam hal permodalan yang digunakan untuk memperluas pasar dan mengembangkan usahanya sehingga berkontribusi besar dalam perekonomian nasional, LKS dengan institusi ZISWAF-nya mampu memberikan jalan keluar untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang bersifat konsumtif dan bisa menutupi kebutuhan dasar investasi ekonomi masyarakat.

References

Asmita, Firda nur, Peran Digitallisasi Pengelolahan Keuangan Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif, 2015

Danupranata, Gita, Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah Gita Danupranata (Jakarta: Salemba empat, 2013)

Hidayanto, M. Fajar, ‘Lembaga Keuangan Syariah Dan Arbitrase Muamalat Indonesia’, 6 (2003)

Ilyas, Rahmat, ‘Konsep Dasar Dalam Sistem Keuangan Syariah’, 2.1 (2017), 121–42

Khaddafi, Muammar, Saparuddin Siregar, Muhamad Yamin Noch, S A Nurlaila, Si Hendra Harmain, Pd Sumartono, and others, Akuntansi Syariah Meletakkan Nilai-Ilai Syariah Islam Dalam Ilmu Akuntansi (Medan: Medanatera, 2016)

Kolistiawan, Budi, ‘Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN’, 8.1 (2017), 54–64

Marlina, Lina, and Biki Zulfikari Rahmat, ‘Peran Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Bagi Pelaku UMKM Tasikmalaya’, 2.1 (2018), 125–35

Nengsih, N, ‘Peran Perbankang Syariah Dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Di Indonesia, Etikonomi’, 14, No. 2 (2015)

Niswatin, BUKU_KINERJA_MANAJEMEN_PERBANKAN_SYARIAH.Pdf (Yogyakarta: ZAHR publishing, 2017)

Puspitasari, Sindi, A Jajang W Mahri, and Suci Aprilliani Utami, ‘Indeks Inklusif Keuangan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018’, 4.1 (2020), 15–31

Soemitra, Andri, Bank & Lembaga Keuangan Syariah, Ke 2 (Jakarta: KENCANA, 2010)

Susilo y. Sri, Dkk, Bank Dan Lembaga Keuangan Lain, Salemba Em (Jakarts, 2000)

Tarigan, azhari akmal, Lembaga Keuangan Syariah Dan Dinamika Sosial (Medan: FEBI UIN PRESS, 2015)

Winantyo, R., Saputra rahmat Dwi, Fitriani Sri, Morena Rita, Kosotali Arwin, Saichu Gunawan, and others, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 (Jakarta: PT Ellex Media Komputindo, 2008)

Wiroso, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (Jakarta, 2013)

Section
Artikel
Abstract viewed = 1285 times