Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Masalah Dalam Sistem Ekonomi Kapitalis

  • Nur Azizah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ina Erwina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Siti Sidra Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Sistem kapitalis adalah sistem ekonomi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Kapitalisme yang tumbuh utamanya di Negara sekularisme mempunyai pandangan-pandangan yang bertolak belakang dengan konsep Islam. Hal ini terekam dalam konsep kelangkaan (scarcity), nilai barang dan teori harga. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep-konsep kapitalisme dalam tinjauan ekonomi Islam yang bisa menjadi solusi alternatif dalam tindakan dan pemikiran agar bisa terlepas dari jeratan ketimpangan, ketidakadilan dan gap yang terjadi dalam kehidupan ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu kajian pustaka, objek pembahasan dari telaah penelitian, buku referensi serta artikel yang terkait dengan topik ini. Hasil penelitian yang didapatkan adalah ekonomi islam sebagai solusi alternatif dari kelemahan sistem ekonomi ekonomi kapitalis dapat dilaksanakan agar tercipta sistem ekonomi yang berkeadilan dan mensejahterahkan bagi semua.

References

Al Arif, N.R & Euis A. 2010. Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Cet. I; Jakarta: Prenadamedia Group

Al-Su’ud, Mahmud Abu. 1968. Khutut Raisiyyah fi al-iqtishadi Islami. Kuwait: Maktabah al-Manar al-Islamiyah.

An-Nabhani, Taqyuddin. 1996. Membangun Sistem Ekonomi Alternatif ”Perspektif Islam”. Cet. VII; Surabaya: Risalah Gusti.

An-Nabhani, Taqyuddin. 2001. Nizham al-Islami, Cet. VII. Tt.: Hizbut Tahrir.

Asriadi. 2015. “Analisis Kelangkaan Barang dan Jasa Menurut Sistem Ekonomi Islam Studi Kritis Terhadap Teori Kelangkaan Barang dan Jasa dalam Ilmu Ekonomi Konvensional”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar.

Chapra, Umer. 2000. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Press Insani, dan Tazkia Cendekia.

Halim, Fachrizal A. 2002. Beragama dalam Belenggu Kapitalisme. Magelang: Indonesia Tera.

Harwood, Jamal, ed. 2009. Membedah Krisis Keuangan Global, ter.MR Adhi. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Hm, Muhdar. 2010. “Ekonomi Islam vs Ekonomi Kapitalis”. Jurnal al-Ulum, vol. 10 no. 1.

Huda, Choirul. 2016. “Ekonomi Islam dan Kapitalisme (Merunut Benih Kapitalisme dalam Ekonomi Islam)”. Economica, vol. 7.

Itang & Adib Daenuri. 2017 “Sistem Ekonomi Kapitalis, Sosialis dan Islam”. Tazkiyah Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan, dan Kebudayaan, vol. 18 no. 1.

Rozalinda. 2014. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas ekonomi. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers.

Sapriati. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Material Kelangkaan pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Sikap Berhemat Siswa Kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pangkalan Kerici Kabupaten Pelalawan”. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Tho’in, Muhammad. 2015. “Konsep Ekonomi Islam Jalan Tengah (Kapitalis-Sosialis)”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 1 no. 3.

Zallum, Abdul Qadim. 1996. Serangan Amerika untuk Menghancurkan Islam terj. M. Al-Khaththath. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Zulaikha. 2011. ’”Kapitalisme dan Islam (sebuah telaah kritis konsep Islam atas konsep Kapitalis)”. Al-Ahkam, vol. 6 no. 2.

Section
Artikel
Abstract viewed = 1360 times