The Effect Of Halal Label and Product Quality On The Purchasing Decision Of Pepsodent Toothpaste

  • Dewi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Idris Parakkasi
    (ID)
  • Trisno Wardy Putra
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan kualias produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Yang menjadi fokus populasinya yaitu seluruh masyarakat di Kecamatan Panakkukang yang sudah pernah membeli dan menggunakan pasta gigi pepsodent sehingga dengan penarikan sampel yang digunakan yaitu menggunakan rumus Hair at al dengan teknik nonprobability metode purposive sampling maka diperoleh sebanyak 140 responden. Dengan dua variabel bebas maka teknik analisis datanya adalah regresi linear berganda dimana pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0 yang diolah berdasarkan hasil jawaban responden yang mengisi kuesioner yang disebarkan secara langsung.

Setelah mengolah dan menganalisis data, maka hasil penelitian yang diperoleh yaitu: pertama, masing-masing variabel bebas yaitu label halal dan kualitas produk secara individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian yang diketahui melalui hasil output SPPS yakni uji T dengan diperoleh nilai sgnifikan masing-masing variabel sebesar 0,000 < 0,05. Juga dibuktikan dengan hasil thitung dimana kedua variabel masing-masing diperoleh thitung sebesar 3,743 dan 7,259 yang menunjukkan thitung > ttabel atau 3,743> 1,977 dan 7,259>1,977. Kedua, setelah dilakukan uji simultan (uji F) maka disimpulkan bahwa label halal dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Adapun hasil nilai signifikan yang diperoleh untuk kedua variabel bebas sebear 0,000 atau 0,000<0,05 dan fhitung sebesar 112,392 > ttabel yaitu 3,06. Dengan demikian, label halal dan kualitas produk pasta gigi pepsodent perlu dipertahankan dan ditingkatkan karena hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara keduanya dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen khususnya di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

References

Anggraeni, D., S. Kumadji, Dan S. Sunarti. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 37, No. 1 (2016): 171–77.
Anita. “Pengaruh Label Halal, Citra Merek Dan Persepsi Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Wardah Pada Konsumen Salon Wella Di Sungailiat.” Universitas Bangka Belitung, 2016.
Arfah, Yenni. Keputusan Pembelian Produk. Padang: Pt Inovasi Pratama Internasional, 2022.
Asiani, Febri. Apa Yang Bill Gates Lakukan Saat Tidur? Jakarta. Anak Hebat Indonesia, 2021.
Daud, Zikriatul Ulya. “Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan 7, No. 2 (2018): 174–83.
Edbert, Steven, Altje Tumbel, Dan Willem Alfa Tumbuan. “Pengaruh Image, Harga, Iklan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasta Gigi Pepsodent Di Kota Manado.” Jurnal Emba 2, No. 3 (2014): 1035–44.
Gardjito, Muddijati, Widuri Handayani, Dan Ryan Salfarino. Penanganan Segar Hortikultural Untuk Penyimpanan Dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2015.
Gunawan, Didik, Aiga Dwi Pratiwi, Yenni Arfah, Dan Bobby Hartanto. Monograf Keputusan Pembelian Scincare Safi Berbasis Media Marketing. Pekanbaru: Pt Inovasi Pratama Internasional, 2022.
Hayet. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Kkeputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia).” Jurnal Ekonomi Islam 10, No. 1 (2019).
Hernama, Dan Lies Handrijaningsih. “Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Impor Di Kalangan Mahasiswa.” Ug Jurnal 15, No. 2 (2021): 53–62.
Hikmawati. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Cake Dan Bakery Chocolicious Di Kota Makassar.” Universitas Islam Negeri Allauddin Makassar, 2019.
Kholidah, Nur, Dan Muhammad Arifiyanto. Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. Pekalongan: Nem, 2020.
Konoras, Abdurrahman. Jaminan Produk Halal Di Indonesia Persfektif Hukum Perlindungan Konsumen. Depok: Pt Rajagrafindo Persada, 2017.
Kusumaningtyas, Menur, Dan Ari Prasetyo. Serial Pemasaran Islam: Pariwisata Halal. Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2022.
Maharani, Nina. “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa) 12, No. 1 (2015): 59–75.
Ningsih, Fitri Agustia. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat Terhadap Produk Kosmetik Wardah Pada Masyarakat 38b Banjarrejo.” Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro, 2020.
Nurhalima, Dan Manshuruddin. Makna Makanan Halal Dan Baik Dalam Islam. Medan: Cv Cattleya Darmaya Fortuna, 2022.
Purboyo, Sri Hastutik, Gusti Putu Eka Kusuma, Acai Sudirman, Suwandi S, Sangadji, Aditya Wardhana, Dkk. Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual Dan Praktis). Bandung: Cv Media Sains Indonesia, 2021.
Putra, G., Z. Arifin, Dan S. Sunarti. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 Dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 48, No. 1 (2017): 124–31.
Putra, Panji Adam Agus. “Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 1, No. 1 (2017): 150–65.
Roswiem, Anna Priangani. Buku Saku Produk Halal. Jakarta: Republika Penerbit, 2015.
Sawlani, Dhiraj Kelly. Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Diedit Oleh Dhiraj Kelly Sawiani. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.
Shalmont, Jerry. “Sustainable Beauty: Kesiapan Konsumen Di Indonesia Dalam Mengintegrasikan Konsep Keberlanjutan Dalam Pengelolaan Sampah Kemasan Plastik Produk Industri Kecantikan.” Law Review Xx, No. 2 (2020): 138–68.
Syafrida. “Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim.” Adil: Jurnal Hukum 7, No. 2 (2016): 160–74.
Syahputra, Ady, Dan Haroni Doli Hamoraon. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan Dalam Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan 2, No. 8 (2014): 475–87.
Published
2022-11-23
Section
Artikel
Abstract viewed = 182 times