Analisis Strategi Marketing Syariah Terhadap Usaha Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan Di Lapangan Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

  • Sapitri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Idris Parakkasi
    (ID)
  • Trisno Wardy Putra
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang di lakukan oleh usaha pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf  dan apa kendala-kendala yang terjadi dalam proses pemasaran yang di lakukan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data yang di gunakan adalah  data primer dan data sekunder,selanjutnya metode pengumpulan data yang di lakukan adalah berupa kata-kata,gambar dan bukan angka.Uji keabsahan data yang di gunakan ialah metode Triangulasi dan peningkatan ketekunan yang selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf dalam melakukan peningkatan penjualan belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang telah di anjurkan dalam Islam.Dimana barang-barang yang mereka jual belum memiliki sertifikat halal dan belum tentu aman untuk di gunakan oleh konsumen. Akan tetapi jika di lihat  dari segi makanan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf mereka menjual mkanan yang tidak mengandung zat-zat yang berbahaya, mengutamakan kebersihan dan juga tidak melakukan hal-hal yang di larang dalam agama Islam seperti riba,maysir,gharar dalam memasarkan barang. Kepada pedagang kaki lima untuk terus menjaga dan meningkatkan strategi mereka dalam berdagang agar dapat bertahan di setiap persaingan sebagai motivasi agar mampu bertahan untuk terus berusaha.

References

Musliati, ”Analisis Strategi Marketing Syariah Pedagang kaki Lima dalam meningkatkan penjualan” ,Skripsi (Banda Aceh : Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam), Bandah Aceh. hal. 1
Teti Apriyani ”Strategi Pemasaran Syariah dalam meningkatkan penjualan ,Queen Optical Kota Cirebon”,Skripsi (Cirebon : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam ),Cirebon hal.3
Badron, Faisal. (2006). Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana Perdanan Media Group
Sunjoto, A.R. (2011). Strategi Pemasaran Swalayan Pamella Dalam Perspektif Islam. Dosen Ekonomi Islam ISID Gontor. Vol 1(2)h. 46
Saputra, Rholen Bayu. (2014). Journal. Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) Yang Berjualan Di Badan Jalan (studi kasus badan jalan teratai dan jalan seroja kecamatan Senapelan) Jom FISIP. Vol 1(2).
Sadono Sukirno, Pengantar Bisnis, (Jakarta: PRENADA, 2012), h. 366

http://gowakab.go.id/adnan-ajak-kadin-dan-hipmi-bangkitkan-ekonomi-di-tengah-pandemi-covid-1/ di akses pada hari senin tanggal 10 2022 pukul 00:23 WITA
Nurul Huda, Khamim Hudori, Rizal Fahlevi, Dea Mazaya, Dian Sugiarti, Pemasaran Syariah: Teoridan Aplikasi, (Depok: Kencana, 2017), h. 1
Donni Juni Priansa, Perilaku Konsumen (Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer), (Bandung : Alfabeta, 2017), h. 2.
Ujang Sumarwan, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2015), h. 17
Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis, (Jakarta : Rineka Cipta, 2009), h. 215.
Amrin, Abdullah. (2001). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo
Basu Swastha, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedelapan. Cetakan Kedelapan, (Jakarta: Penerbit Liberty, 2007), hal. 42
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2003), h. 78
Boyd, Harper W., Orviller C. Walker dan Jean Claude Larreche, 2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga, h.2
Sahrul.M, Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima Dalam Menarik Minat Beli Konsumen(Studi Pada Pedagang Kaki Lima Di Lapangan Pancasila Kota Palopo), Skripsi, IAIN Palopo. h.1
Gasper Liauw, Administrasi Pembangunan Studi Kajian PKL, (Bandung : Refika Aditama, 2015), h.30
Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi, Jakarta: Rajawali Pers,2013, h. 167-168
Aji Wahyu Heriyanto,”Dampak sosial ekonomi relokasi pedagang kaki lima” Economics Development Analysis Journal vol. 1 (2) (2012) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj (di akses pada 19 januari 2022 pukul 00:17 WITA)
Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D,(Bandung:Alfabeta. 2013),h.224
Zed Mestika,Metode Penelitian Kepustakaan,(Jakarta:YayasanBogorIndonesia, 2004),h.3.
Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010), h. 248
Published
2022-12-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 243 times