Analisis Strategi Pemasaran Produk Komputer Pada Wana Satria Komputer Dalam Perspektif Pemasaran Syariah

  • Nur Evi Susanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk komputer pada wana satria komputer, dan penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk komputer dalam perspektif pemasaran syariah pada wana satria komputer. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan case study, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk komputer pada wana satria komputer dan untuk mengetahui strategi pemasaran produk komputer pada wana satria komputer dalam perspektif pemasaran syariah. Uji keabsahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data yang selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk komputer yang dilakukan selalu menganalisa apa yang menjadi kebutuhan yang banyak diminati oleh konsumen, selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi saat ini, serta menggunakan harga promo khusus mahasiswa atau pelajar. Strategi pemasaran produk komputer dalam perspektif pemasaran syariah pada wana satria komputer menjalankan usaha sudah menerapkan karakteristik pemasaran syariah meskipun demikian belum ada yang tertulis bahwa harus sesuai aturan syariah dan tetap mengedepankan, nilai-nilai etika Islam.

References

Ahmad Fajar Al Farooq (30 Tahun), Owner Wana Satria Komputer, Wawancara, Makassar, 14 Juni 2022.
Andi Zulfikar Darussalam , dkk., “Konsep Perdagangan Dalam Tafsir Al-Mishbah (Paradigma Filsafat Ekonomi Qur’ani Ulama Indonesia)”, Al Tijarah, 3, no. 1 (2017).
Aqna Khasanah Isnaini, "Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Home Industri Rambak Cahaya Kecamatan Warungasem Batang", Skripsi (Pekalongan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Pekalongan, (2019).
Arie Putra Benyamin,” Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) Di Pasar Kita Pamulang”, Jurnal Pemasaran Kompetitif, (2019).
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Buchari Alma dan Priansa, Manajemen Pemasaran Dan Jasa, Bandung: Alfabeta, (2011).
Christian A.D Selang, Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruh Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado”, Jurnal EMBA,1 no. 3 (2013).
Dayup Mardi Karani, "Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pakaian pada Toko Serba 35.000 di Munjungan Trenggalek Menurut Perspektif Ekonomi Syariah", Skripsi (Tulungagung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, (2018).
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung: Unit Penerbit Diponegoro, 2014).
Doni Marlius, “Kebutuhan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran PT. intercom Mobilindo Padang”, Jurnal Pundi, 01, no 01 (2017), h.59.
George Stainer dan John Milner, Manajemen Strategi Jakarta: Erlangga, (2007).
Hasan, Ali. “Marketing”. Yogyakarta: Medpress. (2008).
Imam, Achdiat Hasrif, “Kartu Kredit Pada Bank Syariah Analisis Penggunaan Alat-Alat Transaksi” Skripsi Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (2012).
Indrapraja dkk., "Strategi Komunikasi Pemasaran Jungleland Adventure Theme Park Bogor dalam Upaya Menarik Pengunjung Marketing Communication", Jurnal Komunikasi 1, no. 1 (2015).
Intan Choirunnisa (31 Tahun), Karyawan Wana Satria Komputer, 25 juli 2022.
Kartini, Hartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: Mandar Maju, 1990).
Kisah UMKM Makassar Membangun Bisnis Dan Bertahan di Masa Pandemi"(Berita), Antaranews.com, 18 Juli, 2020.
Kotler, P., dan Armstrong, G.M., Principles of Marketing. 13th (Global) Edition. Boston: Pearson Education, Inc. (2010).
Maldina Eriza Yolanda, "Strategi Pemasaran Islam Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista", Skripsi (Palembang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang, 2016).
Mia Ratu Perwitasari Hadipranoto, Neneng Nur Hasanah, dkk, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Karakteristik Pemasaran Syariah Studi Kasus Pelanggan Bunker Rabbani Bandung Raya, Keuangan dan Perbankan Syariah, (2015).
Mubarok Nurul, “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista, I-Economics A research”, Journal on Islamics,3, no. 1 (2017).
Nurhadi, "Rahasia Hikmah Dibalik Akad-Akad Dalam Ekonomi Islam", (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5, no. 01 (2019).
Nurul Huda, Khamim Hudori, dkk., Pemasaran Syariah Teori Dan Aplikasi Depok: Kanchana (2017).
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat,(2008).
Sedarmayanti, Manajemen Strategi, Bandung: PT Refika Aditama, (2014).
Vira Nurfauzia, and Khusnul Fikriyah, “Implementasi Strategi Pemasaran Pada Biro Perjalanan Umroh Dalam Perspektif Pemasaran Syariah”, Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3, no. 2 (2020).
Wibowo Dimas Hendika, dkk., "Strategi dan Program Pemasaran", Jurnal Administrasi Bisnis 29, no. 1 (2015).
Yana, Dewi. “Memudahkan dan menyederhanakan segala urusan, adalah sikap”, (Berita), Berbicaraberita.com, Senin, 6 Juni 2022.
Zainal, Islamic Marketing Management; Mengembangkan Bisnis Dengan Hijrah Ke Pemasaran Islam Mengikuti Praktik Rasulullah SAW. Jakarta: Bumi Aksara,(2017).
Published
2022-12-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 374 times