Studi Kepuasan Nasabah Pengguna Aplikasi Mobile Banking Syariah

  • Nur Rahmah Sari (SINTA ID.6750249) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan kualitas produk terhadap tingkat kepuasan nasabah pengguna aplikasi mobile banking dengan variabel kemampuan nasabah sebagai pemoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel merupakan 124 orang nasabah bank syariah yang menggunakan aplikasi mobile banking. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi akuntansi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya, kemampuan nasabah dapat memoderasi sistem informasi akuntansi terhadap kepuasan nasabah, namun tidak dapat memoderasi kualitas produk terhadap kepuasan nasabah.

References

Afifah, N. (2019). (2019). Kemudahan Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi , Dan Kemampuan End User Terhadap Kualitas Laporan Akuntansi Melalui Dukungan Kemudahan Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi , Dan Kemampuan End User Terhadap.
Delone, Wh., Dan Mclean, E. (1992). Information Systems Success: The Quest For Th Dependent Variable. Information System Research. 3(1), 60–95.
Hasnidar. (2016). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Keuangan Di Instansi Pemerintahan Kab. Bone (Studi Kasus Satuan Kerja Pemerintahan Daerah Kab. Bone).
Huda, M. A., Sulistiowati, & Nurcahyawati, V. (2018). Analisis Kesuksesan Mobile Banking (M-Banking) Dengan Model Delone Dan Mclean Pada Bca Kantor Cabang Utama (Kcu) Diponegoro Surabaya. Jsika, 7(1), 1–11.
Lukiman, R. H., & Lestarianto, W. (2016). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi, Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Kepercayaan Atas Teknologi Sistem Informasi Akuntansi, Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individu Karyawan. Ultima Accounting, 8(2), 46–65.
Maharsi, S. (2000). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 127–137.
Mahendra, I. &. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan. 1–20.
Nadhiroh, U. (2019). Variabel Moderating Pada Koperta Langgeng Mulyo. 61–77.
Nena, A. F. D. (2008). Analysis Of Accounting Information Systems To Improve Internal Control Over Revenues In Hospital Hermana Lembean. Jurnal Emba Vol.3 No.4 Desember 2015, Hal. 117-129, 55(1), 411–416. Https://Doi.Org/10.1109/Tns.2007.913489
Pratiwi, W., & Mujadilah, N. (2021). Effect Of Accounting Information Systems , System Quality And Service Quality On User Satisfaction Of Mobile Banking-Based Applications. 4(05), 383–396. Https://Doi.Org/10.47191/Jefms/V4-I5-05
Putra, J. E., Fitrios, R., & Hanif, R. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Kompetensi Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Serta Dampaknya Pada Kualitas Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi, 12(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.34010/Jra.V12i1.2555
Rachmawati, R., & Lasniroha, T. (2014). The Effect Of Management Accounting Information Systems , Management Accounting Information Quality , Services Quality To User Satisfaction And Implications On Decision Making Process. 1, 62–68.
Rahayu, D. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri Kc Medan Ahmad Yani. Http://Www.Akrabjuara.Com/Index.Php/Akrabjuara/Article/View/919
Rizky Hariyadi, Marsellina Fitri, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Keamanan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu, 2(2), Issn 2621-8348.
Sania Kharismawati. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Keamanan Dan Kerahasiaan Data Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Layanan Internet Banking.
Soedarsa, H. G., Anwar, C., & Shanti, . (2014). Pengaruh Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Gramedia Asri Media Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1). Https://Doi.Org/10.36448/Jak.V5i1.448
Suryani, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Remunerasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderating Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Lampung. Universitas Lampung.
Teja, S. G. B. H. (2017). Pengaruh Remunerasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Surakarta). Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(2), 109–118.
Wirahutama, G. (2011). Ambiguitas Peran Sebagai Variable Moderator Terhadap Hubungan Antara Kualitas System Informasi Dan Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi Pada Dpkad Kota Semarang. Skripsi,Undip.
Yazid, S. R. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Proses Transaksi Atm Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sungguminasa Unit Agus Salim.
Yuniar Putra Wardhana. (2015). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Berbasis Mobile Banking. Artikel Ilmiah.
Published
2022-12-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 365 times