PENGARUH SERVICE EXCELLENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI INTERVENING (Pada Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Pettarani)
Abstract
ABSTRAK- Bank syariah adalah sebuah lembaga keungan yang fungsinya sebagai perantara dari pihak- pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak yang telah kekurangan dana. Dalam dunia perbankan penerapan service excellent ditujukan agar dapat mencapai kepuasan dan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh service excellent terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Indonesia Kcp. Pettarani Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif yang menggunakan pendekatan Eksplanatory. Adapun dalam penelitian ini mencoba melakukan pengujian dan pengukuran hubungan antar variabel Service excellent terhadap variabel loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah sebagai Variabel Intervening di BSI KCP. Pettarani Makassar. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa service excellent berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah, dan service excellent berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan bermanfaat bagi pembaca dan sekaligus sebagai bahan referensi bagi pihak BSI KCP Makssar Pettarani lebih meningkatkan serta mepertahankan konsistensi penerapan Service Excellent terhadap para nasabahnya, karena kepuasan dan loyalitas nasabah dapat tercipta dari service excellent yang diberikan pihak bank kepada nasabah. Hal tersebut akan meningkatkan profit dan bank dapat menjaga pangsa pasarnya.
References
Agus Marimi, Abdul Haris Romdhoni, & Tira Nur Fitria. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(Islamic Banks).
Andrew Shandy Utama. (2021). Digitalisasi Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Justisia : Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata S, 6.
Andri Soemitra. (2010). Bank Dan Lembaga Keuangan Shari’ah (Vol. 2). Kencana.
Ascarya, & Diana Yumanita. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum (1st ed., Vol. 1). PUSAT PENDIDIKAN DAN STUDI KEBANKSENTRALAN (PPSK) BANK INDONESIA.
Dede Abdurohman, Haris Maiza Putra, & Hisam Ahyani. (2022). Sumber Dan Norma Ekonomi Syariah Dalam Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Perbankan Syariah Dan Koperasi Syariah. EcoBankers Journal Of Economy and Bankers, 3.
Dian Febriyani, & Ida Mursidah. (2021). Ekonomi dan Perbankan Syariah di Tengah Era Digital. MUAMALATUNA Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1.
Heri Sudarsono. (2005). Bank dan Lembaga keuangan syari’ah deskripsi dan ilustrasi (Vol. 1). Ekonisia.
Herry Ramadhani. (2015). Prospek dan Tantangan Perkembangan Asuransi Syariah di Indonesia. Al-Tijary Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1.
imam Asrofi. (2021). Implikasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Perkembangan Perbankan Syariah. Al Wathan: Jurnal Studi Keislaman, 2.
Md. Nehal Ahmed, & Mainul Islam Chowdhury. (2007). Non-Bank Financial Institutions in Bangladesh: An Analytical Review. Policy Analysis Unit (PAU), 1.
Mervyn K. Lewis & Latifa M. Algaoud ; penerjemah, B. S. (2001). Perbankan syariah: prinsip, praktik dan prospek (1st ed., Vol. 1). Serambi Ilmu Semesta.
Muhamad. (2017). Lembaga perekonomian Islam : perspektif hukum, teori, dan aplikasi (1st ed., Vol. 1). UPP STIM YKPN.
Muhammad. (2020a). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Lainnya (Monalisa & diah safitri (eds.); 1st ed., Vol. 1). rajawali pers.
Muhammad. (2020b). Tinjauan Fatwa DSN MUI NO. 88/DSN-MUI/XI/2013 Terhadap Pelaksanaan Dana Pensiun Syariah. Jurnal Syntax Admiration, 1.
OJK. (n.d.-a). IKNB Syariah. Website Ijk.Go.Id Di Akses Tgl 01 Juli 2022 . Retrieved July 1, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/Pages/IKNB-Syariah.
OJK. (n.d.-b). Pasar Modal Syariah. Website Ojk.Go.Id , Di Akses Tgl 01 Juli 2022. Retrieved July 1, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/pasar-modal-syariah.aspx
OJK & Ekonomi Syariah. (2021). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Tahun 2021 “Menjaga Ketahanan Keuangan Syariah dalam Momentum Pemulihan Ekonomi.”
Zulfadli Hamzah, & Astri Ayu Purwat. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting , 3.