Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Cita Rasa Terhadap Minat Reorder Pada Produk Natos Di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros

  • Ummu Khaerunnisa
    (ID)
  • Rahman Ambo Masse UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Trisno Wardy Putra UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan mengetahui pengaruh labelisasi halal, harga dan cita rasa terhadap minat pemesanan ulangpada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuisioner berisikan pertanyaan tertulis yang disebarkan kepada 150 konsumen Muslim Natos yang sudah pernah melakukan pembelian atau berada di lokasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei.Teknik pengumpulan data yang bersifat primer dan sekunder meliputi berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan skripsi serta dalam bentuk kata-kata yang diucapkan secara lisan oleh subjek yang dapat dipercaya. Untuk mendukung hasil penelitian maka peneliti menggunakan aplikasi SPSS yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan labelisasi halal dan cita rasa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pemesanan ulangpada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, sementara harga berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap minat pemesanan ulang pada produk Natos di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros

References

Adinugraha, Hendri Hermawan, Wikan Isthika, and Mila Sartika, ‘Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research’, Perisai Islamic Banking And Finance Journal, 1.3 (2017), h. 182
Afifah, Firda Nur, ‘Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Makanan Kemasan Lokal (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Di Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta’ (Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2022)
Arifin, Atwal, and Desy Setyaningrum, ‘Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Kenzler Oleh Generasi Milenial (Studi Pada Konsumen Swalayan Indomaret Sragen)’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 10.1 (2022)
Bintarti, Surya, ‘Keputusan Pembelian: Citra Merek, Cita Rasa, Dan Harga Consumer’, Jurnal Pelita Ilmu, Vol. 15.01 (2021)
Bulan, Tengku Putri Lindung, ‘Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang’, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 5.No. 1 (2016)
Bulan, Tengku Putri Lindung, Khairul Fazrin, and Muhammad Rizal, ‘Pengaruh Label Halal Dan Bonus Dalam Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kinder Joy Pada Masyarakat Kota Langsa’, Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 6.No. 2 (2017), h. 732
Hariyanti, Annisa Dwi, ‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di PT. Kenari Djaja Prima Semarang’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. X.No. 2 (2011)
Izdihar, Gilang, and Purwanto Sugeng, ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Iphone Pada Mahasiswa Generasi Z’, Jurnal Semarak, Vol. 5.No. 2 (2022)
Juniawati, and Fitri Listiawati, ‘Ketika Konsumen Muslim Berminat Membeli Ulang Makanan Faktor Apa Yang Mempengaruhinya’, Equator Journal of Management and Enterpreneurship, Vol. 9.No. 4 (2021)
Lestari, Budi, and Ivo Novitaningtyas, ‘Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan TerhadaP Minat Beli Ulang Konsumen Pada Coffeville-Oishi Pan Magelang’, Journal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, Vol. 2.No. 3 (2021)
Mahemba, Umbu Saga Ana Kaka, and Caecilia Wahyu Estining Rahayu Rahayu, ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi’ (Univesritas Sanata Dharma Yogyakarta, 2019)
Maimunah, Siti, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen’, IQTISHAD, 2.1 (2019), h. 61
Messa, Samsuddin B., and Yahya, ‘Pengaruh Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Pada Dapur Lamongan Toli-Toli’, Economics And Business Management Journal, 1.2 (2022)
Muslimah, Siti, ‘Label Halal Pada Produk Pangan Kemasan Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen Muslim’, Yustisia, Vol. 1.No. 2 (2012)
Mutakim, Insanu, ‘Pengaruh Cita Rasa, Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kelanting Singkong Yanti Di Dusun Baras Desa Karangmulyo Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan’ (Universitas Nasional, 2022)
Mutiara, Sri, Rahmad Solling Hamid, and Ahmad Suardi, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen’, Jurnal Ekonomi Dan SYariah, Vol. 4 (2021), No. 1
Saifuddin, Muhammad Lutfi, Fathur Rofani, Samsul Abidin, Moh. Fauzan Adziman, and Hasim Muzadi, ‘PKM Pemahaman Dan Pengenalan Label Halal Dan Logo Baru Pada Santri Di Pondok Pesantren Lubbul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo’, Khidmatuna; Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.1 (2022)
Salim, Amir, Muharir, and Ayu Hanni Juniar, ‘Edukasi Dalam Penerapan Hukum Halal Dan Haram Pada Makanan Di Desa Nusa Makmur Kec. Air Kumbang Kab. Banyuasin’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1.No. 2 (2021)
Salsabila, Aura Nadhifa, Basrah Saidani, and Agung Kresnamukti Rivai P, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Pelanggan Gen Z’, Jurnal Bisnis Dan Keuangan, 3.1 (2022), h. 89
Sari, Darlina Yunia, Sasongko, and Didik Eko Julianto, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk Dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Konsumen Pujasera Jl. PB Sudirman Jember)’ (Universitas Jember, 2013)
Susilawati, Cucu, and Agus Joharudin, ‘Labelisasi Halal Dan Purchase Intention Pada Produk Halal Non-Makanan’, ed. by Dian Rachmat Gumelar (Bandung: Penerbit Bhakti Persada Bandung, 2023), p. h. 21
Published
2023-08-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 193 times