Perilaku Impulse Buying Generasi Z di Mall Panakkukang (Analisis Teori Konsumsi Imam Al-Ghazali)

  • Yuniar
    (ID)
  • Rahman Ambo Masse UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sirajuddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Perilaku, Impulse Buying, Generasi Z, Teori Konsumsi Imam Al-Ghazali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku Impulse Buying Generasi Z pada pembelian produk  di Mall Panakkukang Makassar. Pada penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi.Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan yakni observasi, wawancara. Hasil Penelitian menunjukka bahwa perilaku konsumen Generasi Z di Mall Panakkukang  melakukan Impulse Buying dengan tipe Impulse Murni dan Impulse Saran mereka membeli karena kemauan sendiri beberapa juga karena adanya dorongan dari teman dan mereka melakukan pembelian karena mengikuti trend dengan istilah Fomo atau ikut-ikutan.Pakar Ekonomi Islam memandang perilaku Impulse Buying bahwa sebenarnya perilaku tersebut sangat tidak relevan dan sangat berbanding terbalik dengan teori yang dikemukakan Imam Al-Ghazali tersebut. Berdasarkan hasil temuan bahwa dari konsumen ini belum mengetahui teori konsumsi Imam Al-Ghazali itu seperti apa dan tentu mereka belum menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Arianty, N., H. Jasin, and P. L. Nasution. 2019. “"Manajemen Pemasaran Konsep Dan Praktek.” Medan: Perdana Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revi. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arisandy, Desy. 2017. “Kontrol Diri Ditinjau Dari Impulsive Buyying Pada Belanja Online.” Jurnal Ilmiah Psyche 11(2): 63–74. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalpsyche/article/view/9.
Bakry, Muammar et al. 2021. “How to Attract Millennials? Indonesian Sharia Banking Opportunities.” WSEAS Transactions on Business and Economics 18: 376–85.
Dalimunte, Sri Fatimah. 2022. “Analisis Perilaku Konsumsi Penggemar K-Pop Berdasarkan Teori Konsumsi Al-Ghazali (Studi Pada Komunitas Kpopers Bengkulu).”
Ermawati. 2021. “Etika Konsumsi Islam Dalam Impulsive Buying.” Habibullah 15(1): 88–100.
Fauzia, Ika Yunia. 2018. “Islamic Models Of Saving and Investment Sebagai Suatu Tawaran Atas Perilaku Impulse Buying Pada Produk Dan Jasa Tahsiniyat.” 12: 384–404.
Furqon, Imahda Khoiri. 2018. “Teori Konsumsi Dalam Islam.” Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah 6(1): 1–18.
Helaluddin. 2018. “Mengenal Lebih Dekat Dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.” Uin Maulana Malik Ibrahim Malang (March): 1–15.
Herlina, and Destriana Widyaningrum. 2022. “Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial Pada Masa Covid-19.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1(3): 481–92.
Kurnia, Weni et al. 2022. “Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Generasi z Di Kabupaten Jember.” 14(2).
Lewi, Sarifah. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulsif Buying Pada Konsumen Minimarket Ditengah Pandemi Covid-19(Studi Kasus Pada Konsumen Alfamidi Jl.Labuhan Kota Makassar.” 19.
Margono, Soekerjo. 2000. “Metodologi Penelitian,.” Rineka Cipta: h.105.
Markmccrindle. 2014. “The ABC of XYZ: Understanding the Global Generations.” www.markmccrindle.com.
Moh.Nazir. 2011. “Metode Penelitian.”
Mowen, John, and Michael Minor. 2008. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Erlangga.
Mulyono, Fransisca. 2012. “Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif.” Jurnal Administrasi Bisnis 8(1): 92–109.
Murdiyanto, Eko. 2020. Bandung: Rosda Karya Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx.
Nasution, Azwar Hamid. 2017. “Konsumsi Dalam Ekonomi Islam.” Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman 5(2): 1.
Nisa, Fitria Khairum, Arief Bregas Viratama, and Nurul Hidayanti. 2020. “Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z Dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar).” Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial 4(2): 146.
Padli, Muhammad Audi et al. 2018. “Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa IAIN Palangka Raya.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 9, 3(1): 89–97. https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-.
Pangemanan, Melky Jakhin et al. 2022. “Online Implse Buying Konsumen E-Commerce Generasi Z Di Sulawesi Utara.” 10(2): 1203–10.
Rizkya Elnina, Dita. 2022. “Kemampuan Self Control Mahasiswa Ditinjau Dari Perilaku Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion.” Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi 2(1): 001–019. https://nasional.sindonews.com/read.
Salwa, Dina Kurnia. 2019. “Teori Konsumsi Dalam Ekonomi Islam Dan Implementasinya.” Labatila : Ilmu Ekonomi Islam 3(1): 96–107.
Sugiyiono, Prof. Dr. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Published
2023-12-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 246 times