Determinan Minat Masyarakat Membayar Zakat dan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating

  • Muhammad Nur Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh transparansi terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim kecamatan Tellu Limpoe sebesar 16.008 jiwa sehingga diperoleh sampel sebesar 375 jiwa. Adapun rumus yang digunakan dalam menentukan sampel adalah Krijchie Morgan. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan kriteria-kriteria sebagai berikut: (1) Masyarakat Kecamatan Tellu Limpoe, (2) Islam, (3) Memiliki Penghasilan Sendiri, dan (4) Bersedia menjadi informan. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada responden dan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEMPLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap, religiusitas tidak memoderasi transparansi terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS Kab. Sidrap.

References

Afandi, A., Fadhillah, A., & Hidayat, N. W. (2022). Pengaruh Pengetahuan , Religiusitas , Transparansi Dan Reputasi Lembaga Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Jisfim: Journal Of Islamic Social Finance Management, 3(1), 38–52.
Alfitrah, R., Nurlina, & Salman, M. (2021). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Membayar Zakat Di Badan Baitul Mal Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 5(2), 187–196.
Amalia, N., & Widiastuti, T. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat (Studi Pada Laz Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(9), 1756–1769.
Arrosyid, A., & Priyojadmiko, E. (2022). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Dengan Religiusitas Dan Niat Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Membayar Zakat Afif. Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 15–37.
Bara, A., & Pradesyah, R. (2019). Analysis Of The Management Of Productive Zakat At The Muhammadiyah, City Of Medan. Proceeding International Seminar On Islamic Studies, 1(1), 617–623. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Insis/Article/View/4196
Fatoni, A. (2022). Pengaruh Transparansi Dan Literasi Zakat Terhadap Pengumpulan Dana Zakat Di Indonesia. Syi’ar Iqtishadi Journal Of Islamic Economics, Finance And Banking, 6(1), 75–86.
Gio, P. U. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Dengan Software Smartpls. Uwais Inspirasi Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Tpgieaaaqbaj
Hildawati, Antong, & Ramadhan, A. (2021). Pengaruh Pemahaman , Trust , Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada Baznas Kabupaten Luwu. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(2), 367–368.
Ilyas Junjunan, M., Asegaf, M. M., & Takwil, M. (2020). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan Igcg Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat. Akuntansi: Jurnal Akuntansi Integratif, 6(2), 112–125. Https://Doi.Org/10.29080/Jai.V6i2.289
Kabib, N., Ulil, A. A. A. U., Fitriani, A., Lorenza, L., & Mustofa, M. T. L. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di Baznas Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 341–349.
Mansur, Muhammad Syahrizal. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Dalam Membayar Zakat (Studi Kasus Pada Baznas Kabupaten Sidrap). Universitas Hasanuddin Makassar.
Masrohatin, S., Ningrum, H. F., & Indonesia, M. S. (2022). Manajemen Kinerja Sumberdaya Manusia Pendekatan Islamic Value. Media Sains Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=B5gjeaaaqbaj
Niel Ananto, M. M. M. S., Ronny H. Walean, M. B. A., & Cherry Frame Lumingkewas, M. M. (2022). Konsep Dan Terapan Analisis Sem -- Pls Dengan Smartpls3.0 Dilengkapi Dengan Contoh Terapan: (Panduan Penelitian Untuk Dosen Dan Mahasiswa). Cv. Mitra Cendekia Media. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=I1wteaaaqbaj
Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Literasi Zakat Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Pada Baznas Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 2–4.
S, W., & Sofyan, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Kcp.Sidrap. At Tawazun Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 17–44.
Safitri, N. D., & Suryaningsih, S. A. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan , Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 189. Https://Doi.Org/10.26740/Jekobi.V4n3.P188-201
Suyadi, N., Museliza, V., & Nurani, R. (2022). The Effect Of Zakat Knowledge And Trust In Baznas Kampar Regency On Muzakki’s Interest In Paying Zakat. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 3(3), 1672–1683.
Utami, N. S., Muthohar, A. M., & Ridlo, M. (2021). Analisis Tingkat Pendapatan, Kepercayaan Dan Reputasi Terhadap Minat Muzakki Dalam Membayar Zakat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Iqtishoduna, 17(1), 2. Https://Doi.Org/10.18860/Iq.V17i1.10630
Published
2023-08-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 250 times