Persepsi Muzakki Terhadap Pengelolaan Zakat Baznas Kabupaten Muna

  • Salehaman
    (ID)
  • Indra Nola Institut Agama Islam Negeri Kendari
    (ID)
  • Sitti Nur Annisa Amalia Institut Agama Islam Negeri Kendari
    (ID)

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muna beroperasi sejak tahun 2004, akan tetapi belum mampu memaksimalkan penghimpunan dana zakat dari para muzakki. Penelitian ini bertujuan menganalisa persepsi muzakki tentang pengelolaan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Muna dan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi muzakki tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis logit binary. Dimana variabel terikat persepsi muzakki terhadap pengelolaan zakat melalui BAZNAS Kabupaten Muna dihubungkan dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Variabel-variabel tersebut adalah pemahaman muzakki tentang zakat, kepercayaan muzakki terhadap pengurus BAZNAS Kabupaten Muna, tingkat pendidikan muzakki, dlsb. Hasil analisis  menunjukkan bahwa 53% muzakki potensial berpersepsi setuju menyalurkan zakat hartanya melalui BAZNAS Kabupaten Muna dan sisanya (47%) berpersepsi ragu-ragu atau tidak setuju menyalurkan dana zakat hartanya melalui lembaga tersebut. Perlu upaya meningkatkan pemahaman  muzakki tentang zakat dan program-program pemberdayaan zakat yang langsung dirasakan oleh publik seperti bantuan beasiswa dan dana kesehatan untuk masyarakat miskin.

References

Akbar, R. (2009). Tinjauan Praktek Sistem Outsourcing dari Prespektif Syariah dan Persepsi Pekerja.
Al-Arabiyyah, A.-M. al-L. (1976). Al-Mu’jam al-Wasith Juz 1. Daar al- Ma-arif.
Al-Jauziyah, I. Q. (2005). Manajemen Qalbu: Melumpulkan Senjata Syetan. Darul Falah.
Al-Utsaimin, M. bin S. (2010). Ensiklopedi Zakat. Pustaka As-Sunnah.
Jalaluddin Rakhmat. (2008). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosda Karya.
Miftah Thoha. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo.
Muhammad Firdaus, Irfan Syauqi Beik, Tonny Irawan, & Bambang Juanda. (2012). Economic estimation and determinations of Zakat potential in Indonesia. IRTI Working Paper Series, WP 1433-07(August), 1–74.
Nursalikah, A. (2013). Zakat Belum Sepenuhnya Tergarap. Republika.
Qardawi, Y. (2007). Hukum Zakat: Studi Komporatif mengenai status dan Filsafat Zakat berdasarkan Quran dan Hadis. Pustaka Litera AntarNusa.
Zuhaili, W. az-. (2011). Fiqh Islam WaAdillatuhu, Jilid 3. Gema Insani Press.
Published
2023-08-31
Section
Artikel
Abstract viewed = 96 times