Analisis Kaji Dampak Program Bunda Bisa Pada Laznas Yatim Mandiri Makassar Terhadap Tingkat Kesejahteraan Mustahik Model Cibest

  • Andini putri J
    (ID)
  • Ayu Ruqayyah Yunus Uin Alauddin Makasar
    (ID)
  • A. Syathir Sofyan Uin Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Zakat Produktif, Program Bunda Bisa, CIBEST

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kaji dampak kesejahteraan mustahik yang menerima bantuan program bunda bisa pada LAZNAS Yatim Mandiri Makassar dengan menggunkanan model CIBEST untuk mengukur apakah mustahik tersebut meningkat secara materi dan spritual. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah Model CIBEST (Center Business and Economic Studies). Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 16 rumah tangga mustahik yang mengikuti program Bunda Bisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendayagunaan zakat produktif pada program bunda bisa pada LAZNAS Yatim Mandiri Makassar diukur berdasarkan model CIBEST, menunjukkan bahwa kuadran I kategori sejahtera dengan 0 keluarga, kuadran II materiil 16 keluarga , kuadran III kategori kemiskinan spiritual dengan 0 keluarga, dan kuadran IV kategori kemiskinan absolute dengan 0 keluarga. Sedangakan pada hasil Uji Paired Sampel T pada skor dimensi ibadah diperoleh 0,536 > 0,05, yang berarti tidak ada perubahan signifikan. hasil uji wilcoxon sign test pada pendapatan rumah tangga didapatkan 0,023 < 0,05, sehingga pendapatan rumah tangga meningkat setelah mengikuti program Bunda Bisa.

References

Syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim Staikh Abdullah bin Abdul Aziz bin. “Ensiklopedia Shaum & Zakat Penjelasan Lengkap dan Fatwa-Fatwa Penting Seputar Hukum Shaum dan Zakat”. Solo: Cordova Mediatama, 2010.
Arif. Pengantar Ekonomi Syariah Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Citra Pratama Yoghi. “Peran Zakat Dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus : Program Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional)”. The Journal of Tauhidinomics Vol. 1 No. 1 (2015).
Asnaini. Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offiset, 2008.
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: CV Darus Sunnah, 2002.
Dian Ghani Reza Dasangga, Eko Fajar Cahyono. “Analisis Peran Zakat Terhadap Pengentasan Kemiskinan dengan Model (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Kampus Surabaya)”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 7 No. 6 2020.
Beik Irfan Syauqi. ”Islamisai Ilmu Ekonomi”. Jurnal Ekonomi Islam. Vol 7. No.2 2016.
Jajang A. W. Mahri,dkk, Ekonomi Pembangunan Islam. Jakarta: Depertemen Ekonomi Syariah – Bank Indonesia. 2021
Sukandarrumidi. Metode Penelitoan Petunjuk untuk Para Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005.
Roflin Eddy. Dkk. Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management. 2021.
Yusuf , A.Muri . Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.
Anggraini Noppia. “Analisis Program Bengkulu Makmur dalam Pengurangan Tingkat Kemiskinan Mustahik Berdasarkan Model CIBEST”. Skripsi. (Jurusan Manajemen zakat dan wakaf. institut UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). (2022).
Quraisy Andi, “Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk” Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology Volume 3 No.1 2020.
Ismawati Dwi, Iis Presetyo, “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 No.1 (2021).
E. J. C. Montolalu Chriestie, Yohanes A.R.Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test)”, Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesian Volume 7 No.1 2018.
Wiratna Veronika Sujarweni. Made Laut Mertha Jaya. “Analisis Profitabilitas BUMN Sebelum dan Sesudah Privatisas di Indonesia”. jurnal MONEX Vol.9 No. 2 (2022).
Published
2023-12-25
Section
Artikel
Abstract viewed = 97 times