Analisis Pelaksanaan Pembiayaan Dan Layanan Financial Technology Pada Aplikasi Kspps Bakti Huria

  • agnia kamila arifuddin
    (ID)
Keywords: Pembiayaan, Pelayanan, Financial Technology

Abstract

Aplikasi yang dinamakan Anggotaku merupakan aplikasi yang dimiliki oleh KSPPS Bakti Huria di mana aplikasi ini memiliki banyak manfaat untuk para anggotanya, aplikasi Anggotaku mempunyai berbagai bermanfaat bagi nasabah seperti melakukan pembayaran tagihan pembiayaan, listrik, PDAM, dan berbagi pengisian E-Wallet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akad yang digunakan dalam pembiayaan Bakti Huria dan layanan pada financial technology pada aplikasi Anggotaku. 

Metode yang digunakan pada penelitian ini metode kualitatif dengan menggunkan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dimana data yang diperoleh langsung dari sumber utama adapun data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder sebagai data pendukung data primer yang diperoleh dari jurnal, dokumen, buku, maupun data yang memiliki relevansi terhadap fintech maupun pelayanan.

Hasil penelitian ini menunjukan penerapan berbagai akad seperti akad Murabahah, Mudharabah, Ijarah, dan wadiah yang digunakan pada pembiayaan serta beberapa manfaat dari Aplikasi Anggotaku yang belum cukup maksimal karena tidak dapat pengajuan melalui aplikasi.

References

Al-Quranul iKarim
Baihaqi, iJadzil. iFinancial itechnology ipeer-to-peer ilending iberbasis isyariah idi iIndonesia. iTAWAZUN: iJournal iof iSharia iEconomic iLaw i1 i(2), i2018.
Febrianti, iLadiah. i“Analisis iSistem iFintech iPeer ito iPeer iLending iSyariah iMenurut iKonsep iFikih iMuamalah i(Studi iKasus iPada iPT. iAlami iFintek iSharia)”. iSkripsi. iBanda iAceh: iFak iSyaria ih idan iHukum iUniversitas iIslam iNegeri iAr- iRaniry iBanda iAceh, i2021.
Lova, iEvi iFajriantina. iFinancial iTechnology iPeer iTo iPeer iLending iSyariah: iSebuah iPerbandingan iDan iAnalisis. iJournal iof iEconomic iand iBusiness iLaw iReview i1 i(2), i2021.
Lubis, iAinun iMardiah i“Pengaruh iLiterasi iKeuangan, iFintech iPeer iTo iPeer iLending iDan iPayment iGateway iTerhadap iKinerja iKeuangan iUmkm i(Studi iKasus iUmkm iKota iMedan)”. iSkripsi. iMedan: iFak. iEkonomi idan iBisnis iIslam iUniversitas iIslam iNegeri iSumatera iUtara, i2021.
Mardani, iHukum iBisnis iSyariah. iJakarta: iKencana, i2014.
Marisa, iOktafalia. iPersepsi iKemudahan iPenggunaan, iEfektivitas, idan iRisiko iBerpengaruh iTerhadap iMinat iBertransaksi iMenggunakan iFinancial iTechnology. iJurnal iAdministrasi iKantor, i8 i(2), i i2020.
Waluyo, iFiqh iMuamalat, iYogyakarta: iGerbang iMedia iAksara, i2014.
Wulandari, iFajrina iEka. iPeer ito iPeer ilending idalam iPOJK, iPBI idan iFatwa iDSN. iJurnal iAhkama. i6 i(2), i2018.
Wulanata, iImanuel iAdhitya. iAnalisis iSWOT iImplementasi iTeknologi iFinansial iterhadap iKualitas iLayanan iPerbankanS idi iIndonesia. iJurnal iEkonomi idan iBisnis. i20 i(1), i2017
Yuda, iDelvira. i“Analisis iTingkat iPengetahuan iPelaku iUsaha iMikro iKecil iDan iMenengah i(UMKM) iTerhadap iFinancial iTechnology i(Fintech) iSyariah iDi iKota iPekanbaru”. iSkripsi. iPekanbaru: iFak. iAgama iIslam iUniversitas iIslam iRiau, i2021.
https://tirto.id/fintech-lending-pinjam-meminjam-online-yang-makin-menjamurcDpo/, idiakses itanggal i3 iMei i2023.
Published
2024-08-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 16 times