Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat, Layanan Via Transfer Dan Layanan Konter Zakat Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.
Abstract
This study aims to determine the effect of the zakat pick-up service system, transfer services and zakat counter services on muzakki preferences in paying zakat at Dompet Dhuafa South Sulawesi. The method used in this study is a quantitative method. This study uses SEM analysis techniques using a test tool, namely SmarPLS. The data source used is primary data, namely data obtained directly from the main source. The data was obtained through the distribution of questionnaires and documentation. The results of the study showed that each variable of zakat pick-up services, transfer services and zakat counter services had a positive and significant effect on muzakki preferences in paying zakat at Dompet Dhuafa South Sulawesi.
References
Andika,Rizky.(2022). Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat Dan Sistem Layanan Transfer Rekening Terhadap Tingkat Kepuasan Muzakki Pada Lazismu Kota Meda : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Augusty, F.(2002).Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 143.
Aryani, Tartilia. (2020). Jenis Jenis Zakat Dan Perhitungan Nisabnya Dalam Islam. Jakarta: Pt Kita Bisa Indonesia.
Astria, Fitri.(2015). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Zakat Dan Asesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Keuangan Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Rumah Amal Salman ITB). Bandung : UNPAS.
Azizah ,Zuriah Zahroh Nur.(2022). Pengaruh Kepercayaan,Word Or Mouth, Dan Pelayanan Online Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Memilih Tempat Menyalurkan Zakat Maal Di Kabupaten Banjarnegara: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Darma, Satria Et Al. (2017). Analisis Persepsi Muzaki Terhadap Preferensi Dan Keputusan Memilih Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Kota Medan Dan Sekitarnya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol. 2, (No.1):1-24.
Fandy,Tjiptono. Service Management:Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2 (Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2012), 168
Fatimah ,Fita .(2019). Efektivitas Penghimpunan Dana Zakat,Infak Dan Sedekah Melalui Layanan Jemput Zakat Bagi Kepuasan Dan Kepercayaan Muzakki Dilembaga Amil Zakat,Infak Dan Sedekah Nahdatul Ulama (LAZISMU).
Ghozali, I. (2008). Model persamaan struktural: Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. dan Latan. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Herawati, Lisna Neti. (2011). Preferensi Dan Keputusan Masyarakat Kecamatan 68 Karawaci Dalam Menyalurkan Zakat. Skripsi. Diterbitkan Jakarta: Uin Syarief Hidayatullah.
Herman.(2015).Layanan-Layanan Jemput Zakat. Jakarta. Diakses 7 Oktober 2023.
Http://Www.Dompetdhuafa.Org. (Diakses Tanggal 15 Juli 2023).
Ibramih,Anwar.(2008). Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Cv. Mandar Maju.
Khasanah,Umrotul.2010. Manajemen Zakat Modern. Malang: UIN-Maliki. Hal2.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Indeks
Musyridi.(2003). Jenis Zakat.Jakarta: PT Remaja Posdakarya. Hal 78.
Nicholson, Walter. (2002). Micro Economics Theory. Cv. Rajawali. Jakarta
Presiden Nomor 8 Tahun 2001 Tentang Badan Amil Zakat. Jakarta. (2001)
Purnama, Frizka Amalia. (2021). Amil Zakat,,Tugas Amil Zakat Dan Perbedaan Amil Dengan Panitia Zakat. Jakarta.
Putri Restu Pratiwi.(2010) “Strategi Penggalangan Dana Melalui Program Layanan Jemput Zakat Lazis Muhammadiyah” (Skripsi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Rafidah.(2014). “Kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah”, Jurnal Nalar Fiqh, Vol. X No. 2.
Rasyid, M. Hamdan Dan Syaiful Hadi Elsutha. (2016). Panduan Muslim Seharihari. Jakarta: Wahyuqalb
Riaji,Anjelina. (2019). Pengaruh Layanan Layanan Jemput Zakat,Transfer Rekening dan Setor Tunai terhadap Loyalitas Donatur padaTegal. Cetakan 1.
Rifai, A. (2015). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengukur ekspektasi penggunaan repositori lembaga: Pilot studi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al-Maktabah, 14(1).
Rizqi, Prameysti Esty. (2021). Pengaruh Layanan Jemput Zakat,Layanan Transfer Rekening Dan Layanan Setor Tunai Terhadap Minat Donatur Zakat Pada Baitul Maal Hidayatullah Tegal: Poltek Harapan Kota Tegal.
Rokib Ahmad, W. I. M. E. (2021). Analisis Penerapan PSAK 109. Analisis penerapan psak109 dalam menyusun laporan keuangan dibaznas kabupaten tasikmalaya, 1(2),99–110.
Santoso, Silvy Oktaviani. (2018). Pengaruh Layanan-Layanan Zakat dan Transfer Rekening terhap Kepuasan Donatur Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Pasuruan. Malang: UMM Malang.
Sulsel.dompetdhuafa.org/Profile-dompet-dhuafa-sulsel.diakses pada tanggal 2 November 2023.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sutiyani,Dina. Kartika, Galuh Ajeng. (2022). Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat,Layanan Via Transfer, Layanan Konter Zakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Muzakki Membayar Zakat Di Baznas Kota Mojokerto. Jurnal Islamic Economics And Finance In Focus, Vol 1.No1.
Sutomo.Najib Mukhamad Najib. Djohar Setiadi.(2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Terhadap Kepuasan Muzakki (Studi Jasus LAZ PKPU Yogyakarta).Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen ,Vol.3, No.1.
Www. Dompetdhuafa.org/tentang-kami/ diakses pada tanggal 17 oktober 2023.
Www. Zakat Mandiri. (2021). Zakat Maal. Surabaya: Graha Yatim Mandiri.
Yunus, A. R., Wahab, A., & Abdullah, M. F. (2022). Audit Opinion , Transparency And Accountability Towards Interest In Paying Zakat With Zakat Awareness As An Intervening Variable. April 2023, 1–16.
Yusnar, Muhammad. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Dana Zakat Terhadap Peningkatan Pendaparan Mustahik Pada BAZNAS Provinsi Sumatra Utara. Medan: UINSU.
Zainal, H. Bakar, A.A. Saad, R.A.J. “Reputation, satisfaction of zakat distribution and service quality as determinant of stakeholder trust in zakat institutions”. International Journal of Economics and Financial Issues. Vol. 6(2016).
Zeithaml, L. Berry, Parasurahman. A.V, The Service Quality Puzzle (Buziess Horizons, 1990), 6
Copyright (c) 2024 Putrisalsabila (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.