PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Pesantren dan Madrasah)

  • Mappasiara Mappasiara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak

Manajemen secara umum dapat dipahami sebagai salah satu bidang ilmu yang mencakup dimensi kehidupan individu dan sosial. Dalam institusi pendidikan, penerapan keilmuan manajemen berarti menjalankan program-program pendidikan agar mencapai tujuan yang dicita-citakan secara efektif dan efisien. Pesantren dan madrasah perlu diberdayakan agar berfungsi efektif. Tidak ada jalan lain kecuali meningkatkan kemampuan dan kinerja para pimpinan lembaga pendidikan Islam dari cara kerja yang mengandalkan manajemen yang berorientasi secara rutinitas atau asal jadi, kepada bekerja dengan manajemen efektif yang berorientasi kualitas. Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada lembaga pendidikan Islam (pesantren dan madrasah) merupakan intisari lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh proses belajar mengajar yang baik yang disertai dengan manajemen yang baik pula.

Abstract

Management can be understood as one of the areas of science covering the dimensions of individual and social life. In educational institutions, the implementation of science management means running educational programs in order to achieve the goals that aspired effectively and efficiently. Pesantren and madrasahs need to be empowered to function effectively. There is no other way except to improve the capabilities and performance of the leaders of the Islamic educational institutions from the workings that rely on routine or originally oriented management to work with effective, quality-oriented management. Implementation of management functions in Islamic educational institutions (pesantren and madrasah) is the essence of Islamic education institutions. Therefore, the success of education is determined by the process of good teaching and learning which is accompanied by good management as well.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. (1991). Pengelolaan Pengajaran (Cet. III). Ujung Pandang: IAIN Alauddin.

Arsyad, A. (1996). Pokok-pokok Manajemen Pengetahuan Praktis bagi Pemimpin dan Eksekutif. Ujung Pandang: IAIN Alauddin.

Baharuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan (Cet. I) Jakarta: Bumi Aksara.

Davies, I. K., (1986). Pengelolaan Belajar (The Management of Learning). Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.

Departemen Agama RI. (1997). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Ed Baru). Surabaya: CV. Jaya Sakti.

_______. (1998). Manajemen Madrasah Aliyah (Cet. I). Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam, Proyek Pembinaan Perguruan Agama Islam Tingkat Menengah.

Fattah, N. (2000). Landasan Manajemen Pendidikan (Cet. III). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harahap, S. S., (1996). Manajemen Kontemporer (Cet I). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, M. S. P., (1996). Organisai dan Motivasi; Dasar Peningkatan Produksi (Cet II). Jakarta: Bumi Aksara.

Isa, K. M., (1994). Manajemen Pendidikan Islam (Cet. I). Jakarta: PT. Fikahati Aneska,.

Pidarta, M. (1993). Manajemen Pendidikan Indonesia (Cet. IV). Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Cet. I). Jakarta: Ciputat Press.

Tilaar, H. A. R., (1999). Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia (Cet. I). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2018-06-30
How to Cite
Mappasiara, M. (2018). PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Pesantren dan Madrasah). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-13. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/1-13
Section
Vol.4 No.2
Abstract viewed = 2774 times