PEMANFAATAN MEDIA TIGA DIMENSI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

  • Elfira Dyan Novian Dini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
    (ID)
  • Amalia Chamidah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
    (ID)
  • Anna Roosyanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
    (ID)

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tawangsari I Sidoarjo pada materi bangun ruang melalui pemanfaatan media tiga dimensi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Tawangsari I Sidoarjo sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis hasil tes dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa pada materi bangun ruang berperan sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun ruang meningkat melalui pemanfaatan media tiga dimensi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus II menjadi 85,71 dari siklus I sebesar 73,38, dengan peningkatan persentase ketuntasan siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 64,7% menjadi 94,3% pada siklus II. Hasil tersebut diikuti dengan peningkatan presentase aktivitas guru sebesar 11% dan presentase aktivitas siswa sebesar 26,5%.

Abstract

This research was classroom action research which aimed to improve the learning outcomes of the fifth grade students at SDN Tawangsari I Sidoarjo on geometry material through the use of three dimensional media. The subjects of this research were 35 fifth grade students of SDN Tawangsari I Sidoarjo. The data were collected through observation, test, and documentation. The method used was quantitative description. The students’ learning outcomes in geometry was as the object of this reasearch. The results of this study indicated that the students’ learning outcomes in geometry increased through the use of three dimensional media. The average value of the students’ learning outcomes increased in the second cycle to 85.71 from the first cycle which was only 73.38, along with the increase of the students’ percentage completeness that increased from the first cycle which was 64.7% to 94.3% in the second cycle. These results were followed by an increase in the teacher’ activities percentage about 11% and the students’ activities percentage 26.5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/287743-pembelajaran-dalam-perspektif-kreativita-be5de62a.pdf

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harjono, A., Jufri, A. W., & Arizona, K. (2015). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri melalui Strategi Kooperatif terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15–23. https://doi.org/ dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.231

Hastuti, E. (2019). Penggunaan Media Tiga Dimensi dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IVB. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.55-62

Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72–87. https://doi.org/doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845

Makovec, D. (2018). The Teacher’s Role and Professional Development. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–46. Retrieved from https://www.ijcrsee.com/index. php/ijcrsee/article/view/8/4

Masruroh, S. (2017). Penerapan Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahta Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus Universitas Negeri Surabaya, 9(3), 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/20124

Nafirin, A. S., Kamidjan, & Susilo, C. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Bangun Ruang Transparan terhadap Pemahaman Siswa dalam Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Jurnal Ed-Humanistics, 4(2), 596–602. https://doi.org/doi.org/ 10.33752/ed-humanistics.v4i2.570

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Majalengka: Referens.

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Retrieved from www.freewebs.com/santyasa/pdf2/MEDIA PEMBELAJARAN.pdf

Sudiyono. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Supriyadi. (2018). Pendidikan IPA SD. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Koni, S. M. A. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, S. A., Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018). Improving Mathematical Problem Solving Skills through Visual Media. Journal of Physics: Conference Series, 948. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/ 1/012004

Published
2019-12-19
How to Cite
Novian Dini, E. D., Chamidah, A., & Roosyanti, A. (2019). PEMANFAATAN MEDIA TIGA DIMENSI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 183-195. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a9.2019
Section
Vol. 6 No. 2
Abstract viewed = 1517 times