ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Luluk Ilmiyah Wisnuwardhana Malang
    (ID)
  • Sujoko Purnama Wisnuwardhana Malang
    (ID)
  • Sizillia Noranda Mayangsari Wisnuwardhana Malang
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Identifikasi  latar  belakang  masalah  dari  penelitian  ini  adalah  masih  banyak  peserta didik  yang  mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita tentang  Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Subjek  dalam  penelitian  ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 PAKIS, Kabupaten Malang yang berjumlah 31 peserta didik. Analisis dilakukan dengan menggunakan tahapan Newman. pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik masih melakukan  kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Dalam penelitian ini, ditemukan jumlah peserta didik yang malakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tipe kesalahan tahapan Newman, yaitu 1). 4 peserta didik salah pada tahap Reading (membaca), 2). 6 peserta didik salah pada tahap Comprehension (memahami), 3). 6 peserta didik salah pada tahap transformation (transformasi), 4). 7 peserta didik salah pada tahap Process Skill (keterampilan proses), 5). 4 peserta didik salah pada tahap Encoding (pengkodean)

Abstract

The purpose of this paper is to describe the errors of students in solving the problem of SPLDV story Identify the background of the problem of this research is still a lot of students who have errors in solving the story of the System of Two Variable Linear Equations. This research is a descriptive research with qualitative approach. Subjects in this study were students of class VIII SMP Negeri 1 PAKIS, Malang regency which amounted to 31 students. The analysis is done by using the Newman stages. data collection was conducted using test and non test instruments. The results show that most students still make mistakes in solving the SPLDV story problem. In this study, found the number of students who make mistakes in solving the story problem based on the type of error Newman stages, namely 1). 4 students are wrong at the Reading stage (reading), 2). 6 students are wrong at the Comprehension stage (understand), 3). 6 students are wrong at the transformation stage, 4). 7 students are wrong at Process Skill stage (process skill), 5). 4 students are wrong on the Encoding (encoding) stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). “Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosts, dan remedial”. Jakarta: Rineka Cipta.

Blanco and Garrote. 2007. “Difficulties in Learning Inequalities in StudentsAbdurrahman, M. (2012). “Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosts, dan remedial”. Jakarta: Rineka Cipta.

Blanco and Garrote. 2007. “Difficulties in Learning Inequalities in Students of First Year of Pre-University Education in Spain”. EJMSTE. 221-229.

Bray, W. S. A. 2011. “Collective Case Study of The Influence of Teacher’ Belief and Knowledge on ErrorHandling Practices During Class discussuon of Mathematics”. Journal for Research in Mathematics education : 2-38.

Budiyono. 2008. “Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika”. Paidagogia: 1-8.

Hidayah, S. (2016) “Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016-Universitas Kanjuruhan Malang. Malang: 182-190.

Idris, N. & Narayanan, L. M. (20110. “Error Patterns in Addition and Subtraction of Fractions among Form Two Student”. Journal of Mathematics Education: 35-54.

In’am. (2012). “Perspectif Metakognitif Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Sekolah dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan:133-144.

Damayanti, N. & Mayangsari, S. (2017). ‘Analisis kesalahan peserta didik dalam konsep operasi hitung pada pecahan”. Malang: JIE. 30-4

Rahayu, Putri. (2017). “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan SPLDV”. Yogyakarta: 2-3

San Pedro, M. O. Z., dkk. (2014). “Carelessness and Affectin an Intelligent Tutorung System for Mathematics”. International Journal of Artificial Intelegence un education: 189-210

White, A. L., (2005). “Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistake and then doing Something to Help Them”. Square One: 15-19.

of First Year of Pre-University Education in Spain”. EJMSTE. 221-229.

Bray, W. S. A. 2011. “Collective Case Study of The Influence of Teacher’ Belief and Knowledge on ErrorHandling Practices During Class discussuon of Mathematics”. Journal for Research in Mathematics education : 2-38.

Budiyono. 2008. “Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika”. Paidagogia: 1-8.

Hidayah Shofia. (2016) “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016-Universitas Kanjuruhan Malang. Malang: 182-190.

Idris, N. & Narayanan, L. M. (20110. “Error Patterns in Addition and Subtraction of Fractions among Form Two Student”. Journal of Mathematics Education: 35-54.

In’am. (2012). “Perspectif Metakognitif Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Sekolah dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan:133-144.

Damayanti, N. Mayangsari, S. (2017). ‘Analisis kesalahan siswa dalam konsep operasi hitung pada pecahan”. Malang: JIE. 30-4

Rahayu, Putri. (2017). “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan SPLDV”. Yogyakarta: 2-3

San Pedro, M. O. Z., d Baker, R. S., and Rodrigo, M. M. T. (2014). “Carelessness and Affectin an Intelligent Tutorung System for Mathematics”. International Journal of Artificial Intelegence un education: 189-210

White, A. L. (2005). “Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistake and then doing Something to Help Them”. Square One: 15-19.

Published
2018-06-30
How to Cite
Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105-115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018
Section
Vol.5 No.1
Abstract viewed = 2512 times