PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN IBADAH SALAT ZUHUR BERJAMAAH PESERTA DIDIK

  • Yuliani Yuliani Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-6268-5995
  • Muljono Damopolii UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Usman Usman UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah salat zuhur berjamaah peserta didik di SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan teologis, pedagogis, dan psikologis. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pelaksanaan ibadah salat zuhur berjamaah peserta didik di SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng cukup baik. Hal tersebut sesuai dengan pengamatan yang dilakukan bahwa peserta didik yang disiplin dalam belajar Pendidikan Agama Islam bisa lebih paham tentang ajaran Islam sehingga dapat mengamalkannya terutama dalam hal pelaksanaan ibadah salat zuhur berjamaah.

Abstract

The aim of this research was to determine the implementation of learning discipline of Islamic Religious Education subject in improving the midday prayer together to the students of SDN 166 Laburawung, Lalabata District, Soppeng Regency. This research applied qualitative research using theological, pedagogical, and psychological approaches. Data sources of this research were the principal, educators, staffs, and students. Observation, interview, and documentation were used in collecting the data as instruments. Data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and data verification. Therefore, the result indicated that the implementation of learning discipline of Islamic Religious Education in improving midday prayer together to the students of SDN 166 Laburawung, Lalabata District, Soppeng Regency was quite good. This finding was in line with the result of observations that the students who were discipline in learning Islamic Religious Education could understand more about the teachings of Islam so that they could apply it especially in terms of the implementation of midday prayer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qifary, A. D. (2012). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kebiasaan Salat Berjamaah Siswa SMK Negeri 1 Kabupaten Bantaenge. PPs UIN Alauddin.

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardani, M. (2006). Memahami Permasalahan Fiqih Dakwah. Jakarta: Mitra Cahaya Utama.

Arifin. (2000). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Ofset.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djollong, A. F., Das, S. W. H., & Damayanti, A. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membiasakan Salat Berjamaah dan Pengaruhnya terhadap Kepribadian Peserta Didik pada SMP Negeri 2 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Al-Musannif, 1(1), 65–76. Retrieved from https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif/article/view/15

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam terhadap Anak. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), 85–99. Retrieved from https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/567/363

Purnama, D. S. (2006). Upaya Guru dalam Mengembangkan Disiplin Belajar Siswa. Paradigma, 1(1), 101–109. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/4820/1/UPAYA_GURU_DALAM_PENGEMBANGAN.pdf

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Salleh, M. S. (2013). Strategizing Islamic Education. International Journal of Education and Research, 1(6), 1–14. Retrieved from https://www.ijern.com/journal/June-2013/13.pdf

Shaleh, A. R. (2009). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. (2006). Kiat Jitu dalam Mendidik Anak. Jakarta: Edsa Mahkota.

Usman, M. B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Published
2019-12-15
How to Cite
Yuliani, Y., Damopolii, M., & Usman, U. (2019). PENERAPAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN IBADAH SALAT ZUHUR BERJAMAAH PESERTA DIDIK. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 147-155. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a5.2019
Section
Vol. 6 No. 2
Abstract viewed = 1121 times